Press "Enter" to skip to content

Kesalahan Umum Investasi Saham yang Sering Dilakukan Pemula  

Investasi adalah salah satu cara agar keuangan di masa depan bisa lebih aman dan nyaman. Dengan berinvestasi sejak dini, maka kemakmuran di masa depan akan bisa tercapai. Tentu Anda tidak mau, sesudah hari tua nanti Anda bingung untuk mendapatkan uang. Penekanan pada investasi ini justru kepada mereka yang masih muda sehingga bisa jadi modal untuk masa tua dan pensiun nantinya. Salah satu investasi yang paling menarik minat banyak orang yakni investasi saham

 Kesalahan Umum Investasi Saham yang Sering Dilakukan Pemula   

Investasi dalam bentuk saham memang sudah bisa dengan mudah dilakukan semua orang karena kemudahan akan teknologi. Meski demikian, Anda juga harus tahu jika berinvestasi dalam bentuk saham resikonya memang sangat tinggi. Tapi sebanding dengan resikonya, tentunya potensi keuntungan pun juga cukup besar. Perubahan harga saham sendiri sangat cepat dan bahkan hanya bisa dihitung dalam waktu menit saja sehingga tak jarang para pemula ini banyak merugi karena sulitnya mencari celah.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi saham, maka Anda harus hindari beberapa kesalahan berikut ini sehingga bisa meminimalisir kerugian:

Tidak paham

Tentunya sebelum terjun ke investasi saham, yang terpenting adalah ilmu yang cukup. Dengan kecukupan ilmu, maka Anda tidak akan mudah terjebak pada kondisi yang buruk dan merugikan. Tetapi ternyata pada prakteknya banyak sekali para pemula yang ikut investasi ini hanya karena untuk gaya-gayaan dan ajang pamer tanpa tahu resiko yang mengintai. Jika demikian, maka jangan heran jika hasilnya adalah kerugian.

Memilih saham tidak potensial

Untuk bisa mendapatkan keuntungan, maka membeli saham yang murah lalu menjual ketika harganya naik tentu sudah jadi trik pasaran. Namun kadang, para pemula tak berpikir panjang dan membeli saham yang murah namun ternyata saham itu tidak potensial sama sekali. Memang kemungkinan untung ada, tapi kemungkinannya sangat kecil. Salah satu alasan harga saham perusahaan itu murah adalah karena potensinya memang kecil. Jadi, waspada dalam memilih saham.

Baca Juga : Ingin Terjun Investasi Saham? Ini Hal yang Harus Anda Siapkan!

Transaksi jangka pendek dan beresiko

Keuntungan cepat hanya dalam waktu yang sekejap tentu menjadi incaran banyak investor di luar sana. Meski demikian transaksi sementara seperti ini sebetulnya kadang sangat beresiko. Kadang harga saham memang berfluktuasi cepat sehingga menjadikan banyak pemula gugup mengambil tindakan lalu menjual langsung sahamnya. Hal demikian ini juga jadi faktor kerugian terbanyak pada para pemula di dunia saham.

 

Itulah beberapa kesalahan yang sangat sering dialami oleh para pemula. Investasi saham memang bukan hal yang mudah, namun bukan berarti tidak bisa dipelajari. Memang untuk terjun di investasi ini, maka Anda harus paham tren pasar dan untuk memahaminya tentu butuh waktu dan banyak belajar.

 

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *