Press "Enter" to skip to content

Kenali Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham Berikut Ini Sebelum Melakukannya

Berinvestasi memang menjadi suatu hal yang akan memberikan banyak keuntungan bagi investornya. Investasi yang dapat dilakukan sangatlah banyak macamnya yang dapat untuk dipilih sesuai dengan selera dan sesuai dengan kebutuhannya, karena pada setiap investor akan memiliki pemikiran yang berbeda dengan investor yang lainnya. Diantara banyaknya pilihan investasi yang ada, maka Anda dapat untuk memilih investasi saham yang memang memiliki banyak keuntungan akan tetapi keuntungan tidak akan terlepas dari kerugiannya pula.

Kenali Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham Berikut Ini Sebelum Melakukannya

Sangat penting bagi Anda yang ingin melakukan investasi harus mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada investasi yang Anda lakukan, karena hal ini sangatlah penting untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk melakukan investasi. Sama halnya dengan investasi jenis saham yang harus Anda kenali terhadap keuntungan dan kerugian sebelum melakukan investasi. Karena hal ini sangat penting untuk diketahui sejak awal sebelum melakukannya. Jika Anda belum mengetahuinya, maka Anda dapat mengetahui pada beberapa ulasan berikut.

Inilah keuntungan dari melakukan investasi saham yang dapat untuk Anda ketahui, yaitu sebagai berikut ini:

Dividen.

Adalah pembagian keuntungan yang akan diberikan oleh perusahaan dari penerbit saham perihal keuntungan yang telah dihasilkan oleh pihak perusahaan. Sedangkan untuk dividen ini akan diberikan setelah mendapatkan persetujuan pemegang saham di dalam RUPS. Dividen diberikan dalam bentuk uang tunai rupiah untuk setiap saham serta juga bisa berupa deviden stock yang diberikan berupa sejumlah saham dengan begitu sejumlah saham yang dimiliki oleh investor akan bertambah dan dengan adanya pembagian dari dividen stock.

Baca Juga : Ingin Terjun Investasi Saham? Ini Hal yang Harus Anda Siapkan!

Capital gain.

Ini merupakan selisih dari harga beli serta harga jual. Harga jual akan jauh lebih tinggi daripada harga beli. Capital gain ini terbentuk karena adanya aktifitas perdagangan yang ada pada pasar sekunder.

Saham bonus.

Saham bonus ini diberikan oleh perusahaan pada pemegang saham yang sudah diambil dari agio saham.

Berikut kerugian dari melakukan investasi jenis saham, yaitu:

  1. Apabila perusahaan tidak mendapatkan keuntungan, maka perusahaan juga tidak dapat memberikan deviden kepada pihak investornya.
  2. Ada kalanya para investornya menjual saham dengan harga yang jauh lebih murah dari harga belinya. Sehingga hal ini dapat memberikan kerugian dari pihak investornya.
  3. Apabila perusahaan mengalami kebangkrutan, maka pihak investor pula yang mendapatkan imbasnya.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian yang ada pada saat Anda akan melakukan investasi saham. Meskipun keuntungan yang dihasilkan akan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis investasi yang lainnya, namun Anda juga tidak boleh langsung tergiur dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan, karena Anda juga harus memikirkan pada kerugian yang akan Anda rasakan pula, sehingga jadikan ulasan yang ada di atas sebagai bahan pertimbangan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *