Press "Enter" to skip to content

Belanja Online Buat Kantong Bolong? Tidak Lagi dengan Tips Ini!

Memenuhi kebutuhan salah satunya bisa dilakukan dengan berbelanja. Tak hanya belanja di pasar atau di mall, namun kini berbelanja sudah bisa kian mudah dengan adanya sistem berbelanja online. Di satu sisi, sistem belanja online dan segala kemudahannya memang memberikan beragam keunggulan. Tapi resiko lainnya adalah dengan belanja terlalu konsumtif sehingga menjadi pemborosan. Hal ini tentunya akan merugikan Anda karena keuangan jangka panjang akan bisa terganggu.

Belanja Online Buat Kantong Bolong Tidak Lagi dengan Tips Ini!

Sebetulnya kebiasaan buruk dalam berbelanja ini adalah diakibatkan karena kurangnya kontrol diri untuk bisa bedakan antara kebutuhan dan juga keinginan. Untuk itu ada baiknya perbaiki kembali mental Anda jika memang ingin ganti gaya hidup yang lebih baik dengan cara:

  • Niat yang kuat

Mungkin banyak yang sudah mengingatkan dengan adanya niat yang benar, maka langkah akan dimudahkan. Namun jika membangun niat saja tidak mampu maka gaya hidup tidak akan berubah selamanya. Oleh karena itu pertama adalah dengan memperbaiki niat Anda lebih dulu. Anda harus pahami jika Anda terlalu boros di masa kini, maka akan rugi di masa depan. Dengan mengingat kerugian untuk masa mendatang, maka dalam belanja Anda akan lebih bisa berhati-hati.

  • Bedakan kebutuhan dan keinginan

Meski sudah dewasa, namun ternyata banyak orang yang belum mampu untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginannya. Sebetulnya mudah membedakannya dimana kebutuhan wajib dipenuhi karena berhubungan dengan hidup misal saja makan dan sandang. Namun keinginan ini tak melulu harus dipenuhi karena hanya penunjang saja misalnya tas, sepatu dan lainnya.

  • Buat daftar belanja

Daftar belanja ini harus ada sehingga bisa menjadikan Anda lebih terkontrol ketika berbelanja. Coba perhatikan barang apa saja yang harus Anda beli dan barang apa saja yang masih tersedia. Catat semuanya. Dengan adanya daftar belanja, maka pikiran Anda akan cenderung bisa lebih fokus ketika ingin membeli sesuatu sehingga memprioritaskan yang penting lebih dulu.

  • Manfaatkan diskon

Bagi Anda yang suka sekali untuk belanja online, maka maksimalkan diri untuk bisa berbelanja dengan diskon. Untuk bisa mendapatkan informasi tentang diskon dan juga promo, maka Anda wajib memantau sosial media toko terkait dan juga mendaftarkan e-mail diri untuk bisa berlangganan.

 Baca Juga Simak 4 Tips Pintar Belanja Online Ini Supaya Menjadi Pembeli Cerdas

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan demi menahan hasrat belanja Anda. Belanja tentu saja diperbolehkan, namun yang dilarang adalah belanja sesuatu yang sebetulnya tidak Anda butuhkan. Belanja online memang mudah, namun jangan karena kemudahan itu membuat Anda terlena lalu bisa menyepelekan keuangan Anda. Pikirkan kembali bahwa waktu yang harus dihadapi masih panjang sehingga Anda butuh persiapan untuk masa yang akan datang.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *