Press "Enter" to skip to content

Manfaat Nyata Dibalik Banyaknya Dampak Buruk Bermain Game Online yang Kurang Disadari

Jika menanyakan permainan paling menarik apa yang Anda lakukan pada jaman dahulu pasti jawabannya gundu, petak umpet dan lainnya. Kalau pertanyaan yang sama dilontarkan kepada anak-anak jaman sekarang pasti 80% akan menjawab bermain game online dirumah ataupun warung internet. Bahkan hampir semua anak, hal ini sebenarnya wajar saja apalagi mengingat perkembangan teknologi sekarang ini tidak hanya menjangkit anak-anak tetapi juga para remaja, dewasa sampai dengan yang tua sekalipun. Namun yang disayangkan dalam bermain online adalah dampak buruk yang terjadi seperti ketagihan dan lain sebagiannya.

Manfaat Nyata Dibalik Banyaknya Dampak Buruk Bermain Game Online yang Kurang Disadari

Ditengah perkembangan jaman seperti sekarang ini sebagai orang tua tidak boleh lengah, banyak anak yang terjerumus kedalam hal yang kurang baik akibat kurangnya pengawasan. Begitu pula ketika membiarkan anak untuk bermain game secara online, jangan serta merta membiarkan tanpa adanya pengawasan. Walaupun sebenarnya ada beberapa manfaat dibalik banyaknya dampak buruk yang didapatkan pada anak, antara lain:

  • Mampu berbahasa asing.

Yang pertama adalah melatih anak untuk belajar bahasa asing yang sering muncul pada permainan yang dimainkan. Seperti yang diketahui bahwa permainan secara online itu tersedia dalam bahasa asing terutama Inggris. Bagi yang tidak memahami bahasa tersebut pasti akan merasa kesulitan, makanya akan mempraktekkan apa yang diketahui dari game.

  • Belajar tentang team work.

Beberapa game sekarang ini memang lebih sering menggunakan bentuk organisasi atau team work. Hal inilah yang secara tidak langsung dipelajari oleh anak-anak ketika bermain game online berbagai model. Bahkan perlu orang tua ketahui, tidak semua jenis game memberikan kerugian karena ada beberapa juga yang dapat memberikan penghasilan nyata.

  • Berlatih sabar.

Walaupun pada dasarnya game bisa dimainkan berulang-ulang tanpa harus kalah tetapi bagi Anda anak berlatih untuk tidak mudah menyerah dan selalu sabar. Contohnya saja ketika senjata atau lawan yang tiba-tiba mampu menyerang pertahanan yang Anda mainkan, mau tidak mau tidak bisa menyerah begitu saja.

  • Mengatur keuangan.

Pernahkah Anda memainkan game secara online? Jika pernah pasti akan mengerti pengumpulan uang atau poin yang kemudian bisa ditukar dengan beberapa item yang ada pada toko tersebut. Jadi anak secara langsung akan belajar bagaimana mengatur keuangan untuk dibelanjakan beberapa item yang dibutuhkan.

 

Baca juga Keunggulan Memilih Jenis Online Games untuk Para Gamers

Selain dari keempat poin diatas ada lagi mengenai pembelajaran secara tidak langsung yaitu bagaimana cara mengatur strategi yang tepat dalam permainan. Kesehatan, kekuatan, pertahanan harus dalam kondisi baik supaya permainan yang dilakukan tetap bisa menang. Nah, itulah sekilas mengenai beberapa manfaat dari memilih game online sebagai hobi anak jaman now. Jadi sebagai orang tua jangan hanya melarang, perbolehkan supaya anak paham perkembangan jaman tetapi harus tetap dalam pantauan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *