Press "Enter" to skip to content

Langkah untuk Membayar Online Pajak yang Praktis

Pajak merupakan salah satu kewajiban yang harus dibayarkan oleh setiap warga negara. Selain dari individu, ada banyak jenis pajak lainnya yang harus dibayarkan kepada negara dengan rutin dan tepat waktu. Misalnya pajak kendaraan, pajak barang mewah, pajak penghasilan, dan berbagai jenis pajak lainnya. Pendapatan dari pajak tersebut akan digunakan untuk membangun sarana dan prasarana di negara seperti untuk membangun rumah sakit, sekolah, jalan, jembatan, dan masih banyak lainnya. Sehingga diharapkan setiap masyarakat dapat untuk patuh membayar pajak kepada negara. Untuk memudahkan masyarakat untuk membayar pajak tersebut, sekarang ini juga sudah bisa untuk membayar pajak secara online. Online pajak tersebut bisa dipilih dan diharapkan dapat untuk menarik masyarakat dapat lebih tertib membayar pajak. Dimana ada beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh sistem pembayaran secara online ini. Beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh masyarakat ketika membayar pajak secara online adalah:

Langkah untuk Membayar Online Pajak yang Praktis

  • Dapat untuk membayar pajak dengan mudah dan praktis karena menggunakan sistem pembayaran online.
  • Bisa untuk membayar pajak dengan menghemat waktu karena tidak perlu untuk antri di kantor pajak. Sehingga tidak akan menghabiskan banyak waktu seperti ketika menggunakan sistem yang konvensional.
  • Bisa untuk membayar pajak dengan lebih menghemat tenaga karena bisa menggunakan pembayaran dari gadget.

Ketika akan membayar online pajak ini ada beberapa langkah yang bisa digunakan oleh wajib pajak. Langkah pertama yang bisa dilakukan apabila akan membayar pajak secara online adalah dengan membuat kode billing atau ID billing. Membuat kode billing ini sendiri bisa dilakukan dengan langkah berikut ini:

  • Membuka aplikasi resmi OnlinePajak yang bisa digunakan untuk mendaftar dan mendapatkan ID billing.
  • Bisa untuk mendaftar di teller bank yang telah bekerjasama dengan kantor pajak.
  • Bisa untuk melalui SSE2 atau juga di situs pajak yang bisa diakses mudah secara online.
  • Bisa untuk melalui handphone Anda untuk para pengguna provider Telkomsel.
  • Dan bisa untuk melakukan pendaftaran di kantor pajak.

Setelah melakukan pendaftaran di beberapa tempat tersebut, Anda akan mendapatkan ID billing yang bisa digunakan untuk langkah selanjutnya ketika akan membayar pajak secara online. Langkah untuk pembayarannya sendiri sangat mudah yaitu dapat untuk memasukkan nomor ID Billing yang Anda punyai pada situs OnlinePajak. Cara ini bisa diakses dengan mudah melalui smartphone Anda yang telah diinstal dengan aplikasi pembayaran pajak secara online tersebut.

Baca Juga Solusi Mengelola Online Pajak Terbaik di Indonesia

Langkah selanjutnya Anda akan mendapatkan NTPN atau nomor tanpa penerimaan negara. Nomor tersebut akan didapatkan ketika Anda telah melakukan pembayaran jumlah pajak lewat aplikasi Online Pajak ataupun di tempat pembayaran pajak lainnya. Selanjutnya masukkan nomor tersebut dalam laporan SPT sebagai catatan Anda telah membayar pajak. Dengan begitu Anda sudah membayar pajak dan bisa tenang.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *