Press "Enter" to skip to content

Beberapa Bisnis UKM di Bidang Kuliner yang Menguntungkan

Membangun suatu bisnis memang sangat tidak mudah, perlu mencurahkan banyak pikiran, waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan perlu kesungguhan dan ketekunan dalam menjalaninya. Sebelum mulai membangun bisnis, banyak yang melakukan berbagai survei tentang bisnis yang sesuai untuk dijalankan dan banyak diminati oleh masyarakat. Memang ada banyak pilihan bisnis yang menjanjikan saat ini, salah satunya bisnis ukm di bidang kuliner.

Bidang kuliner merupakan bidang yang mudah dimasuki oleh semua kalangan. Seperti yang kita tahu kebutuhan konsumsi akan makanan adalah wajib bagi semua orang. Setiap hari semua orang pasti membutuhkan makanan. Sehingga bisnis yang satu ini bisa dikatakan sebagai bisnis yang tidak ada matinya. Dari sini kita bisa menciptakan peluang usaha yang menjanjikan.

Beberapa Bisnis UKM di Bidang Kuliner yang Menguntungkan

UKM sendiri merupakan salah satu tulang punggung perekonomian di Indonesia, maka jangan heran jika saat ini pemerintah sangat mendukung dan memberikan modal pagi para pengusaha agar dapat berkembang dan maju serta memiliki daya saing dengan berbagai produk import yang ada di Indonesia. Meskipun sering mengalami pasang surut terutama usaha di bidang kuliner, seperti kalahnya persaingan yang berimbas pada kebangkrutan, tetapi tidak menyurutkan banyak pengusaha untuk memulai lagi. Berikut ini ada beberapa pilihan bisnis kuliner yang bisa dijadikan referensi, diantaranya yaitu:

  • Usaha makanan camilan.

Usaha yang satu ini tergolong lebih mudah dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Untuk pemasaran dan pangsa pasarnya juga cukup mudah. Banyak masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang sangat menyukai camilan sebagai makanan pendamping harian. Untuk usaha skala kecil, bisa memasarkan produk dengan cara menjualnya di event seperti car free day atau dengan menitipkannya di warung-warung. Contoh usaha makanan ringan yang bisa dijalankan seperti keripik singkong, keripik tempe, keripik pisang, kentang spiral.

  • Usaha kuliner warung tenda.

Usaha yang satu ini pasti sudah banyak Anda temui di lingkungan sekitar kita. Warung tenda biasanya sering buka menjelang malam hari. Bagi peminat wisata kuliner, keberadaan warung tenda bisa memuaskan kebutuhannya yang satu itu. Warung tenda juga sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat di malam hari.

Baca Juga Apa yang Dimaksud dengan UKM? Simak Ulasan Singkatnya Berikut Ini!

  • Usaha katering rumahan.

Bagi yang memiliki keahlian memasak bisa memanfaatkan peluang bisnis dengan membuka usaha katering rumahan. Bisa dimulai dari yang kecil dahulu dengan menerima pesanan dari teman, tetangga, maupun kerabat.

  • Usaha minuman.

Usaha ukm yang satu ini terbilang yang paling mudah dan terbilang laris manis, apalagi saat di musim kemarau dimana banyak orang yang membutuhkan minuman dingin untuk memuaskan dahaga. Contoh usaha minuman yang mudah dijalankan seperti minuman juice, dawet, es campur, cappuccino cincau, dsb.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *