Press "Enter" to skip to content

Usaha Tanpa Modal di Era Digital yang Banyak Menghasilkan Pemasukan

Salah satu hal yang menjadi kendala calon wirausaha adalah modal, selalu saja permasalahan modal membuat mereka tidak jadi membuka sebuah bisnis atau merealisasikan business plan yang sudah dibuat sebelumnya. Sebagian banyak dikarenakan bidang bisnis selalu memakan modal, paling tidak ada nilai lebih dari 1 juta yang harus dikeluarkan. Apalagi jika sudah berinisiatif untuk membuka sebuah toko ataupun rumah makan, maka biaya bisa sampai ratusan juta rupiah. Jangan khawatir karena di era digital seperti sekarang ini ternyata juga tak kalah banyak usaha tanpa modal yang dapat dijalani.

Bidang bisnis yang tidak mengeluarkan modal, karena menggunakan internet atau dunia maya sebagai sarana untuk bertransaksi, sadar atau tidak keberadaan internet ini memang sudah sangat membantu manusia dalam menghasilkan pemasukan, tak jarang diantaranya pemasukan sangat tinggi, karena memang cerdas dalam mengeksekusi rencana bisnis yang sudah ada. Tak hanya bisa dikerjakan oleh orang dewasa, melainkan juga anak muda. Berikut ini ada pilihan usaha tanpa modal berbasis internet yang dapat dilirik, diantaranya adalah:

Baca juga: 5 Ide Bisnis Jualan Online di Musim Liburan yang Menguntungkan

  1. Membuka jasa SEO, memiliki keahlian dalam mengelola sebuah website sebaiknya tidak Anda biarkan begitu saja, karena ternyata hasilnya sangatlah mahal. Karena paling tidak keahlian ini dapat dibeli atau digunakan oleh orang lain dengan harga yang tinggi, bukan jasa untuk optimalisasi website, memungkinkan Anda untuk dapatkan pemasukan tinggi tanpa mengeluarkan modal apapun.
  2. Menjadi dropshipper, berjualan produk secara online agaknya bisa jadi pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan. Meskipun istilahnya adalah berjualan produk namun pada dasarnya tidak butuh pengeluaran modal apapun. Termasuk juga pengeluaran untuk membeli stock barang. Karena istilah dropshipper ini digunakan oleh mereka yang menjual barang tanpa harus memiliki stoknya di rumah, namun bekerjasama dengan seorang supplier.
  3. Jadilah penulis artikel lepas, keberadaan website, situs jual beli dan sejenisnya ini bisa menjadi peluang bagi mereka yang hobby menulis, dengan keahlian yang dimiliki hasil tulisan tersebut dapat diubah menjadi uang. Nilai tulisan tersebut berbeda-beda tergantung dari kualitas dan juga bahasa yang digunakan.
  4. Desain grafis, jenis yang lainnya adalah desainer grafis, baik itu untuk pembuatan tema sebuah website agar lebih cantik, juga bisa membuat rancangan sebuah aplikasi maupun game yang dijual secara online. Usaha yang satu ini bisa dilakukan oleh mereka yang memang memiliki keahlian di bidang desain perangkat lunak ataupun desain gambar.

Ingat bahwa keahlian yang Anda miliki itu juga merupakan modal untuk memulai sebuah bisnis, namun jangan langsung menjualnya dengan menjadi bagian sebuah perusahaan, gunakan sendiri untuk menciptakan pemasukan yang lebih tinggi. Selain bidang-bidang di atas masih banyak usaha tanpa modal yang bisa ditekuni.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *