Press "Enter" to skip to content

Menilik Fakta Terkait dengan UKM di Indonesia

Membangun usaha menjadi salah satu pilihan bagi sebagian orang tidak hanya karena lebih memiliki passion atau keinginan membangun suatu usaha, enggan untuk bekerja di bawah orang lain namun juga karena menjadi pilihan terakhir karena pekerjaan yang tidak kunjung diperoleh. Salah satu geliat usaha yang ada di Indonesia adalah Usaha kecil menengah atau yang dikenal dengan nama UKM. Terdapat 4 kriteria yaitu:

  • Livelihood activities atau sektor informal misalnya pedagang kaki lima.
  • Micro enterprise yang punya sifat pengrajin akan tetapi masih belum mempunyai sifat kewirausahaan.
  • Small dynamic enterprise yang punya jiwa kewirausahaan serta menerima pekerjaan ekspor dan subkontrak.
  • Fast moving enterprise yang punya jika kewirausahaan dan akan bertransformasi ke usaha besar.

Terdapat beberapa fakta terkait dengan usaha kecil menengah. Pertama adalah pelaku usaha tersebut lebih banyak dan percaya akan promosi konvensional. Pelaku usaha biasanya menggunakan brosur, promosi dari mulut ke mulut ataupun menggunakan radio walaupun kini sudah bisa melakukan promosi dengan mudah dengan menggunakan cara online karena dianggap rumit terutama oleh pelaku usaha yang tidak terlalu mengenal teknologi. Cara inilah yang menyebabkan pelaku bisnis kecil menengah kalah dengan saingannya yang baru.

Kedua adalah bisnis yang tidak berpengaruh saat krisis terjadi. Berdasarkan beberapa sumber menyebutkan jika krisis yang terjadi di Indonesia pada tahun 1997-1998 yang menyebabkan banyak usaha harus banting stir dan collapse ternyata tidak mempengaruhi bisnis UMKM dan bahkan bisnis UKM tersebut menjadi bisnis yang menopang perekonomian negara serta ikut andil dalam penyerapan tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia.

Baca juga: Online Shop Indonesia

Ketiga adalah produk fashion wanita dan alat elektronik adalah yang paling banyak dicari saat berbelanja online. Kini sudah banyak penggiat usaha kecil menengah yang menggunakan cara online seperti dengan menggunakan marketplace yang banyak ditemukan dan digunakan di Indonesia dan item fashion wanita seperti baju muslim serta perlengkapan elektronik adalah yang paling banyak dicari.

Fakta menarik lainnya terkait dengan UKM adalah:

  • Memegang peranan yang penting dalam perekonomian ASEAN. Beberapa bisnis atau usaha kecil menengah yang ada di Indonesia kini bahkan sudah mampu menembus pasar global atau pasar internasional sehingga lebih stabil dan berperan aktif dalam membangun perekonomian nasional.
  • Pemerintah mulai lebih berperan aktif untuk usaha kecil menengah, misalnya dengan memberikan kredit yang bisa dipergunakan untuk mengembangkan bisnisnya. Akan tetapi, pemerintah masih minim dalam penggenjotan penetrasi internet sehingga menyebabkan banyak pelaku UMKM yang kesusahan untuk menjual atau memasarkan produknya lebih jauh dengan sasaran pasar yang lebih luas.
  • Salah satu masalah terbesar bisnis UMKM secara online adalah kepercayaan dari konsumen tidak hanya mengenai kualitas barang namun juga kesediaan barang.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *