Press "Enter" to skip to content

Inilah Tips Belanja Akhir Tahun Agar Anda Terhindar dari Jebakan Penjual Nakal

Sebenarnya jika dilihat kembali moment promo atau diskon akhir tahun itu bukan lagi hal yang pertama kali dilakukan. Itu sudah menjadi sebuah tradisi setiap tahunnya, apalagi beberapa tahun belakangan ini ditambah dengan kedatangan promo akhir tahun dari toko online. Tentunya membuat para masyarakat semakin kebanjiran promo. Tetapi dalam melakukan pembelanjaan saat moment diskon tidak bisa dilakukan sembarangan, harus ada tips belanja supaya tidak terkena berbagai jenis jebakan yang merupakan strategi bagi para penjualan untuk menarik perhatian.

Walaupun diskon setiap tahunnya selalu terlihat fantastis, Anda tetap harus mempertimbangkan dengan baik beberapa hal supaya tidak merugikan. Nah, berikut ini ada tips dan trik belanja saat promo besar-besaran akhir tahun yaitu:

  • Jeli dengan perhitungan diskon.

Mungkin Anda pernah melihat di beberapa toko konvensional ataupun toko online menawarkan harga dengan tulisan 50%+20%. Nah, untuk menghindari kesalahpahaman Anda lebih baik untuk perhitungkan dari awal dengan tepat. Karena Tulisan tersebut berbeda dengan diskon yang langsung diberikan sebesar 70%. Inilah salah satu jebakan yang digunakan para penjual untuk menarik banyak perhatian konsumen. Sehingga mereka terkecoh dan akhirnya melakukan pembelanjaan.

  • Cari tahu harga asli.

Pernahkah Anda menyadari dalam pemburuan diskon belanja tetapi tetap saja harga yang dibayarkan terasa masih mahal. Dan inilah trik penjual kedua yang jarang sekali disadari oleh masyarakat sebagai konsumen. Makanya penting adanya tips belanja supaya Anda tidak merasa merugi dengan berbelanja saat akhir tahun. Yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan pembayaran adalah mencari tahu terlebih dahulu berapa harga asli dari produk itu sebenarnya, kalau perlu lakukan perbandingan.

  • Update tren.

Walaupun harga yang murah atau diskonan yang ditawarkan tetapi kalau produk sudah tidak update pastinya akan kecewa. Banyak barang-barang lama yang dikeluarkan kembali saat diskon besar-besaran. Dengan demikian Anda harus selalu update trend terbaru terlebih dahulu, supaya tidak salah membeli barang lama.

  • Awas hasil markup.

Jika dipikir secara logika, tidak mungkin sebuah perusahaan mampu memberikan diskon secara cuma-cuma bagi konsumen. Kalau begitu, keuntungan apa yang akan diperoleh oleh perusahaan tersebut. Hal-hal seperti itu yang perlu Anda perhatikan, jangan-jangan harga yang telah di diskon terlebih dahulu di markup jadi mereka tetap mendapatkan keuntungan.

Jika melihat diskon hampir setiap orang selalu berebut, bahkan bagi mereka memikirkan kualitas itu nomor dua setelah harga. Padahal apapun bentuk produk yang Anda gunakan itu akan lebih nyaman jika mempunyai kualitas yang bagus. Untuk menghindari penyesalan saat berburu diskon akhir tahun akan lebih baiknya Anda perhatikan beberapa tips belanja yang telah dijelaskan diatas. Pastikan barang aman terlebih dahulu, aman disini dalam artian segi kualitas yang sudah sesuai atau belum.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *