Press "Enter" to skip to content

Hemat Belanja Online dengan Tips Berikut Ini!

Tak bisa dipungkiri jika semakin berkembangnya teknologi menjadikan banyak aktivitas yang berubah. Salah satunya adalah dari metode belanja dimana kini belanja online saat ini memang jadi pilihan banyak orang di seluruh dunia. Hal ini lantaran berbelanja online mampu menawarkan kemudahan yang maksimal bagi para konsumennya sehingga tak heran jadi alternatif belanja yang sangat disukai. Meski begitu, dengan adanya kemudahan ini kerapkali menjadikan konsumen terjun ke kondisi pemborosan ketika belanja dimana seolah semua barang ingin dibeli.

Keunggulan lain yang pasti disadari oleh para pembelanja online adalah dengan adanya promo dan diskon yang tak sedikit di berbagai situs berbelanja online. Meski begitu, jika kini Anda sedang berusaha dalam rangka berhemat, maka berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Buatlah daftar dan anggaran belanja

Benda penting yang amat sering disepelekan adalah daftar belanja. Buatlah daftar barang yang ingin Anda beli ketika promo sehingga Anda bisa memprioritaskan barang kebutuhan lebih dulu dibanding barang lainnya. Dengan cara ini maka Anda akan bisa lebih tertib ketika berbelanja. Anggaran belanja juga penting karena bisa jadi tameng besar untuk Anda melakukan pemborosan. Untuk itu sebelum belanja, pastikan Anda punya anggaran khususnya. Jika anggaran sudah habis, maka langsung berhenti dan jangan di lanjut lagi.

  • Cermat melihat angka jika ada diskon dan promo

Terjebak dalam melihat angka promo dan diskon saat belanja online bukanlah hal yang jarang terjadi. Oleh karena itu, pastikan cermat dalam lihat angka untuk diskonan tersebut. Selain itu Anda juga wajib untuk mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku sehingga belanja kian bijak. Misalnya saja diskon 30% + 20% akan beda maknanya dengan diskon 50% sehingga banyak konsumen yang kerap terjebak.

  • Tetap cermat ketika belanja

Sudah bukan rahasia jika kadang promo ini bisa dijadikan sebagai ajang para penjual dalam menghabiskan seluruh barang dagangan mulai dari yang cacat, bekas hingga out of mode. Oleh karena itu jangan hanya terpaku pada besaran promo saja, namun wajib untuk tetap cermat dalam hal belanja barang diskonan ini.

  • Batasi membuka situs belanja

Salah satu faktor yang menjadikan keinginan belanja besar adalah terlalu sering melihat situs-situs belanja. Oleh karena itu, tutup faktor pemicunya dengan membatasi diri dalam membuka situs belanja tersebut. Jangan buka setiap hari sehingga Anda bisa lebih menahan diri.

Pemborosan tentunya akan membuat Anda merugi di jangka panjang. Oleh karena itu sebelum belanja online, ada baiknya Anda untuk bisa berpikir lebih dulu secara bijak apakah Anda butuh atau tidak pada barang tersebut. Membedakan kebutuhan dan keinginan akan jadi langkah andalan untuk Anda.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *