Press "Enter" to skip to content

Tips Jitu untuk Menunjang Marketing Anda Menggunakan Sosial Media

Sebagai salah seorang yang menjalankan sebuah bisnis. Pasti Anda mengetahui dengan baik seperti apa pentingnya sosial media atau media sosial. Media sosial bisa digunakan untuk menjalin hubungan bisnis antara pelanggan dan Anda sendiri. Setiap klien potensial mencari jasa atau produk baru, mereka biasanya mencari di media sosial. Bukan hanya untuk mempelajari merek lebih lanjut, tetapi melihat apa yang orang katakan tentang merek tersebut. Sekarang banyak perusahaan yang menciptakan strategi marketing dengan menggunakan media sosial. Bila Anda ingin menjalankan strategi marketing menggunakan media sosial, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Pertama, mengenali diri. Poin ini adalah poin utama. Mengapa harus mengenali diri? Identitas merek, melakukan interaksi pada klien, hanya Anda sendiri yang mengetahuinya. Bisa berkomunikasi adalah salah satu kunci yang harus dimiliki. Karena, apapun media sosial yang Anda gunakan, jika Anda tidak bisa mengenali diri sendiri, Anda tidak akan mengetahui apa yang akan Anda tulis dan mana media sosial yang harus digunakan.

Kedua, mengerti calon pelanggan. Hal penting lainnya adalah mengetahui siapa yang akan Anda targetkan untuk promosi sosial media ini. Apa saja yang mereka lakukan, dan kapan mereka terhubung dengan media sosial tersebut? Jika kesulitan untuk mengetahuinya, Anda bisa menggunakan jasa ahli media sosial yang cerdas. Biasanya, kesalahan yang dilakukan oleh pebisnis adalah tidak mengetahui dengan baik sebenarnya siapa yang menjadi pelanggan mereka. Contohnya, produk tersebut digunakan oleh karyawan, mereka malah melakukan upload produk di jam 9, pada jam karyawan sedang bekerja. Inilah yang harus Anda perhatikan kembali.

Ketiga, jangan hanya melakukan asumsi. Ini juga menjadi kesalahan terbesar. Bila Anda beranggapan pelanggan bertindak dengan cara tertentu berdasarkan pada asumsi Anda, dan ternyata mereka bertindak tidak sesuai dengan asumsi Anda, Anda bisa mengalami kerugian yang cukup besar. Pekerjaan di media sosial adalah pekerjaan yang melakukan dialog. Membangun sebuah percakapan antara individu yang menjadi pelanggan Anda serta Anda sendiri sangat penting untuk dilakukan, jadi jangan pernah meremehkan hal ini. Lihat dengan baik perubahan target pasar, lebih-lebih pelanggan Anda, selain itu pelajari dengan baik bagaimana cara pelanggan melakukan komunikasi dengan tim secara teratur. Mereka merupakan orang-orang di garis depan yang bisa membantu Anda memahami apa yang Anda lakukan.

Keempat, rencanakan dengan baik marketing sosial media Anda. Hal ini tak berlaku jika Anda merupakan seseorang yang begitu cerdas untuk menyusun strategi di media sosial. Tetapi, bila Anda bukan orang ahli untuk melakukan rencana anggaran media sosial, lebih baik Anda mempekerjakan orang yang ahli di bidang ini. Lakukan penilaian, apakah orang tersebut benar-benar cocok untuk posisi yang vital ini, setelah itu lakukan seleksi dengan baik.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *