Press "Enter" to skip to content

Tips Aman dan Menguntungkan dalam Menjalankan Bisnis Jualan Online

Jaman sekarang, bukan hanya konsumen atau pembeli saja yang dirugikan karena adanya tindak penipuan. Penjual online juga seringkali dirugikan saat melakukan transaksi jual beli online. Mungkin ada banyak ulasan mengenai tips aman berbelanja online. Namun masih jarang yang membahas bagaimana cara jualan online yang aman tapi tetap menguntungkan. Oleh karena itu, tips di bawah ini akan sangat membantu para online seller atau pemilik olshop agar terhindar dari tindak penipuan atau kejahatan:

  • Mendaftar pada situs marketplace terpercaya.

Jika Anda belum memiliki platform Anda sendiri untuk menggelar lapak Anda, manfaatkan beberapa situs marketplace terpercaya. Ada banyak sekali, tidak sulit menemukan mana yang benar-benar memiliki reputasi baik. Biasanya situs-situs marketplace ini memberikan layanan berupa rekening bersama, rekening bersama (rekber) ini berfungsi sebagai pihak ketiga yang menahan dana transaksi. Mengapa rekber bermanfaat? Karena jika pembeli sudah membayar dan dananya sudah masuk, maka Anda akan mendapat pemberitahuan sehingga Anda hanya tinggal melakukan pengiriman barang saja kepada pembeli yang memang benar-benar sudah membayar.

  • Hanya menjual barang-barang yang legal.

Pastikan bahwa barang-barang yang Anda jual merupakan barang yang memang benar-benar legal alias tidak bodong atau barang black market (BM). Anda tentu tidak mau berurusan dengan hukum jika Anda ketahuan menjual barang-barang yang tidak resmi/ilegal, barang milik orang lain yang hilang atau dicuri dan sebagainya. Mungkin saja Anda bisa menyangkal, tapi bukti adalah segala-galanya.

  • Beri batas waktu pembayaran.

Jika Anda jualan online tidak pada situs marketplace yang menyediakan fitur rekber, maka sebaiknya berikan batas waktu pembayaran. Misal maksimal 12 atau 24 jam. Jika pembeli tidak segera melunasi pembayaran tersebut maka transaksi bisa dibatalkan dan Anda bisa kembali menawarkan barang Anda. Jangan biarkan Anda menunggu satu dua pembeli yang tidak pasti tapi mengabaikan pembeli lain yang memang berniat untuk membeli. Prinsipnya adalah siapa cepat dia dapat, dengan demikian Anda juga tidak mudah dikelabuhi oleh orang lain.

  • Sebisa mungkin hindari Cash on Delivery (COD).

Bagi beberapa orang, COD sering dipilih sebagai ajang jual beli yang aman baik bagi penjual maupun pembeli. Namun tak jarang, COD justru berujung terjadinya tindak kriminal misalkan perampokan, hipnotis/gendam dan sejenisnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang punya bisnis jualan online sebaiknya COD dihindari atau gunakan cara aman jika ingin melakukan COD, seperti lakukan COD di tempat yang ramai atau di rumah Anda dan jangan sekali-kali COD sendiri, bawalah teman saat transaksi, sehingga bisa meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *