Press "Enter" to skip to content

Jadi Netizen yang Cerdas dengan Bijak dalam Menggunakan Sosial Media

Dewasa ini rasanya hampir seluruh lapisan masyarakat dunia mengenal yang namanya sosial media alias sosmed. Ada banyak sekali situs-situs jejaring sosial yang memiliki jutaan pengguna. Anda tentu sudah tak asing lagi dengan nama-nama sosmed seperti Facebook, Twitter, Instagram, Line dan masih banyak lagi. Memang, sosmed ini membawa dampak positif yang sangat banyak, seperti memudahkan berkomunikasi/berinteraksi dengan dunia luar, memperluas hubungan pertemanan dan masih banyak lagi. Namun di balik dampak positif yang luar biasa dari eksistensi sosmed, ternyata ada banyak dampak negatif yang mengintai.

Oleh karena itu, jika ingin menjadi netizen dan pengguna sosmed yang cerdas, gunakan sosmed dengan cara yang bijak pula. Seperti berikut ini:

Baca juga: Cara Jitu Memanfaatkan Instagram untuk Menjadikan Bisnis yang Menguntungkan

  • Berikan informasi yang positif dan tidak mudah termakan hoax.

Tidak masalah jika Anda tidak memiliki banyak teman atau penggemar di sosmed, yang terpenting adalah tidak ada orang yang membenci Anda hanya karena postingan Anda di sosmed. Pengguna sosmed yang cerdas akan menggunakan sosmednya untuk hal yang positif juga seperti memberikan informasi positif yang tidak memicu perdebatan dan bukan hoax. Sebab, sebaik apapun informasi yang Anda bagikan jika itu merupakan hoax tentu juga akan menyesatkan. Jadi pastikan untuk men-share berita/info dari situs-situs yang kredibel.

  • Kurangi pamer hal-hal tidak bermanfaat.

Sudah bukan hal rahasia lagi jika sosial media menjadi ajang pamer bagi sebagian orang. Ada pamer yang sebenarnya bermanfaat seperti pamer kegiatan sosial dengan caption yang persuasif alias mengajak orang lain untuk sama-sama melakukan kegiatan serupa. Ada juga pamer yang kurang penting atau sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan seperti pamer segala sesuatu yang mewah atau lebih menuju ke gaya hidup hedonisme. Selain terkadang membuat orang lain risih, Anda pun juga bisa dicap sebagai orang yang sombong. Jadi ‘pamer’lah seperlunya dan pada tempatnya saja.

  • Hentikan kebiasaan “curhat” di sosmed.

Bagi sebagian orang yang suka ‘caper’ alias cari perhatian, sosmed jadi ajang untuk berkeluh kesah dan curhat. Jika sesekali saja mungkin tidak masalah, tapi jika terus menerus tentu bisa membuat orang lain risih. Tahukah Anda bahwa 90% teman di sosmed Anda tidak peduli dengan keluh kesah Anda? Jadi sebaiknya hentikan kebiasaan menumpahkan keluh kesah di sosmed, sebaliknya tunjukkan bahwa Anda orang yang tegar dan kuat.

  • Gunakan untuk hal-hal positif.

Jadikan sosial media untuk melakukan kegiatan yang positif dan membawa manfaat seperti menambah kenalan atau teman, memperoleh informasi penting, jual beli online atau sebagai ajang untuk menunjukkan karya-karya Anda. Dengan demikian, sosmed membawa keuntungan tersendiri bagi Anda. Namun tetap gunakan sosmed secukupnya atau tidak berlebihan sehingga tidak mengganggu kegiatan Anda di dunia nyata. Menggunakan sosmed dengan baik dan bijak adalah ciri netizen yang cerdas.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *