Press "Enter" to skip to content

Tips Supaya Tidak Boros Saat Belanja Online

Bagi sebagian orang berbelanja merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, bahkan bisa dijadikan semacam sarana hiburan. Memang ada kepuasan tersendiri dapat memperoleh barang-barang yang kita inginkan. Berbelanja online merupakan salah satu cara berbelanja yang beberapa tahun ini mulai diminati oleh masyarakat di Indonesia. Memang jika dilihat dari beberapa segi, berbelanja online memang memiliki nilai plus. Tapi untuk Anda yang bisa dibilang punya frekuensi belanja online yang cukup sering, tentu bisa menguras dompet. Tenang saja, masih ada cara yang bisa Anda lakukan agar tidak boros saat berbelanja online:

  • Buka rekening khusus untuk belanja.

Bagi Anda yang gila belanja secara online, sebisa mungkin punya rekening khusus untuk berbelanja alias dibedakan dengan rekening tabungan Anda. Sisihkan penghasilan Anda untuk berbelanja tetapi utamakan penghasilan Anda untuk mencukupi keperluan sehari-hari dan mengisi rekening tabungan. Hal ini bertujuan agar nantinya tabungan Anda tetap aman karena tidak tersentuh untuk membayar belanjaan online.

  • Berbelanja saat benar-benar butuh saja meski ada promo.

Sebenarnya ini merupakan cara yang paling klasik agar tetap tidak boros saat berbelanja online, namun seringkali hal ini terabaikan oleh kita. Padahal dengan menahan diri untuk tidak membeli barang yang tidak kita butuhkan bisa jadi cara untuk menghemat pengeluaran. Selalu buat skala prioritas dalam berbelanja. Termasuk dengan tidak membeli barang yang tidak benar-benar kita butuhkan meski ada promo menarik.

  • Perhatikan ongkos kirim.

Belanja online memang terkadang bisa lebih hemat daripada berbelanja di supermarket, namun kita harus tahu bahwa ada ongkos kirim yang harus kita tanggung saat berbelanja. Ongkos kirim ini bisa membuat barang yang tadinya lebih murah daripada di toko konvensional, jadi lebih mahal. Oleh karena itu, sebisa mungkin cari penawaran gratis ongkir atau cari toko online yang paling dekat dengan wilayah domisili kita sehingga ongkos kirimnya pun juga tidak terlalu besar. Membandingkan harga dan ongkir dari masing-masing toko juga bisa jadi siasat yang tepat untuk sedikit meminimalisir pengeluaran belanja.

  • Pilihlah toko online yang melayani retur barang.

Bisa jadi toko A memang lebih murah daripada toko B, atau situs belanja A menawarkan promo yang lebih menarik daripada situs belanja B, namun tidak semua toko online atau situs marketplace melayani pengembalian barang atau retur. Padahal bisa jadi barang yang kita beli tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, jika toko atau situs belanja online tidak melayani retur barang, maka Anda akan rugi. Pastikan hanya berbelanja di online shop atau situs-situs marketplace yang terpercaya dan memiliki layanan Customer Service yang prima.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *