Press "Enter" to skip to content

Tips Menentukan Market Place Bagi Para Pelaku Bisnis Online Shop

Banyak cara untuk melakukan pemasaran bagi pelaku bisnis online shop, tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk menentukan marketplace (situs jual beli online) dari usahanya dari pada harus membuat website dengan domain sendiri. Jadi pelaku bisnis online tinggal melakukan pengisian informasi mengenai berbagai produk yang akan dijual dan tidak lupa untuk menyertakan profil perusahaan. Dan selanjutnya produk atau barang yang ditawarkan akan tampil pada situs jual beli online tersebut. Secara tidak langsung itu memang lebih mudah, dari pada harus mengatur sendiri website yang digunakan sebagai toko online tersebut.

Banyak sekali situs jual beli online yang bermunculan di Indonesia memudahkan para pelaku online shop untuk mempromosikan bisnis mereka. Bahkan sebagian situs yang ada tidak membebankan biaya ataupun dana promosi apapun bagi pengusaha yang akan membuat toko online di situs tersebut. Tetapi memang fitur yang didapatkan sangat terbatas, jika menginginkan fitur tambahan seperti pasang foto, artikel review, upload video atau apapun bisa mengambil penawaran paket yang berbayar. Nah, berikut ini beberapa tips untuk menentukan situs yang tepat bagi para pelaku toko online, antara lain:

  • Memahami latar belakang situs online.

Untuk langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menentukan situs jual beli online yang tepat yaitu melakukan riset dan memahaminya. Misalnya dari bagaimana manajemen yang diterapkan dalam marketplace tersebut, bagaimana respon dengan para konsumennya, apakah sudah melayani mobile friendly atau belum. Hal-hal seperti itu mempunyai pengaruh besar untuk kelangsungan toko online Anda. Dengan demikian Anda dapat meminimalisir adanya resiko kerugian yang muncul pada online shop Anda.

  • Pelajari fitur-fitur pendukung.

Kedua Anda dapat mempelajari terlebih dahulu fitur apa saja yang tersedia dalam situs jual beli online tersebut. Hal itu akan berpengaruh pada para konsumen yang menggunakan situs sebagai tempat pembelanjaan. Apalagi sekarang banyak situs yang telah menyediakan fitur untuk membedakan mana penjual yang jahat dan juga baik.

  • Amati prospek kedepannya.

Selain pentingnya mempelajari fitur yang mendukung Anda sebagai pelaku bisnis online shop juga harus dapat mengamati apakah situs jual beli online tersebut mempunyai prospek bagus kedepannya. Langkah ini perlu dilakukan untuk mengupayakan agar toko online Anda tetap dapat eksis tanpa adanya kendala yang muncul dari pihak situs.

  • Amati setiap proses dalam setiap transaksi.

Memilih situs jual beli online tidak bisa menjadi patokan bahwa toko online Anda akan banyak orang yang mengunjungi atau membelinya. Jangan pernah gegabah untuk segera menonaktifkan akun toko online karena tidak ada respon dari konsumen. Anda dapat mengamati terlebih dahulu setiap proses yang ada dalam marketplace tersebut. Tetaplah sabar untuk menanti respon baik dari para masyarakat setelah Anda membuat toko online di situs tersebut.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *