Press "Enter" to skip to content

Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional Bagi Pemula

Tahukah Anda bahwa sebenarnya banyak sekali jenis media yang dapat dimanfaatkan dari internet. Blogspot adalah salah satu layanan dari internet gratis yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk melakukan beberapa kegiatan. Banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk fokus menjadi seorang blogger yang mempunyai penghasilan banyak. Beberapa orang memahami bahwa menjadi seorang penulis blog yang dibutuhkan hanya banyak promosi. Padahal hal tersebut salah, banyak aspek atau komponen yang perlu dipikirkan untuk benar-benar menjadi seorang penulis blog yang professional.

Seperti halnya pekerja bisnis nyata untuk mendapatkan hasil yang besar maka perlu membutuhkan banyak pengorbanan. Ternyata hal tersebut juga berlaku dalam dunia blogging, karena kesuksesan seorang blogging hanya diukur melalui jumlah pengunjung dari orang lain. Padahal untuk mendapatkan traffic itu tidaklah mudah dan instan. Berikut ini beberapa tips atau kunci sukses agar menjadi seorang penulis blog yang professional, antara lain:

  • Konsisten menulis.

Karena memang pekerjaan satu ini lebih fleksibel waktu pengerjaannya banyak orang yang akhirnya menjadikan sebagai usaha sampingan. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu penyebab seorang penulis blog tidak bisa konsisten memberikan konten atau tulisan yang menarik di blognya. Padahal dari situlah cara untuk meningkatkan traffic pengunjung blog Anda. Sebenarnya hal itu dapat diminimalisir dengan pengaturan atau schedule post dari blogger Anda. Ini adalah salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan sebagai pengatur postingan artikel Anda.

  • Fokuskan pada tulisan.

Blog sendiri berfungsi sebagai wadah untuk menempatkan kreativitas yang dapat dihasilkan seseorang. Jadi tetap fokuskan pada tulisan yang Anda berikan kepada orang lain, terkadang para pelaku blog malah lebih memikirkan tampilan blog masing-masing. Walaupun tidak dapat dipungkiri tampilan juga mempunyai efek sendiri untuk menjadi daya tarik, tetapi lebih penting artikel yang dituliskan.

  • Buat judul semenarik mungkin.

Kalau dalam menilai orang tidak boleh hanya dari tampilan tetapi hal itu tidak berlaku pada sebuah tulisan. Karena judul mempunyai daya tarik sendiri, kalau judul tidak menarik tentunya orang juga enggan untuk membaca isinya. Sarannya buat judul yang seakan-akan orang lain harus mengetahui informasi tersebut. Setelah orang membaca dan penasaran akhirnya akan dibacanya sampai dengan akhir.

  • Manfaat sosial media.

Banyak masyarakat yang kurang memahami dengan kekuatan media sosial yang sekarang ini banyak bermunculan. Misalnya Anda mempunyai akun facebook, dengan begitu Anda dapat memanfaatkan sebagai fanpage.

  • Belajar dari para pelaku blog lainnya.

Tips terakhir yang wajib dilakukan yaitu bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang dapat memberikan manfaat. Contohnya saja Anda dapat bergabung dalam komunitas blogging dan mencuri ilmu dari para blogger yang telah lebih dahulu mengenyam pahit manis melakukan penulisan. Selain pengetahuan Anda akan menambah juga akan membuat hubungan sosial dengan penulis lainnya semakin baik.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *