Press "Enter" to skip to content

Langkah Mudah Membuat Website Gratis untuk Usaha Toko Online

Internet sekarang ini menjadi andalan untuk setiap orang, dari berbagai kegiatan keseharian dapat dimudahkan dengan adanya internet. Salah satunya yaitu setiap orang mampu membuat website dengan mudah untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk mereka yang menjadikan website sebagai sumber penghasilan bisa menawarkan berbagai produknya atau hanya sekedar berkomunikasi dengan orang lain. Adanya website itu ibarat sebuah rumah sendiri, jadi bisa bebas mengisi dengan karya apa saja didalamnya. Bagaimana, menarik bukan? Website sendiri bisa dibuat secara cuma-cuma atau dapat dikatakan gratis untuk siapa saja.

Mungkin ada yang belum paham mengenai cara atau langkah membuat sebuah website pribadi. Berikut ini beberapa tahapan dalam pembuatan website secara mudah dan gratis yaitu:

  • Menentukan tujuan pembuatan website.

Langkah awal pastinya harus menentukan tujuan dari pembuatan website tersebut, hal ini dilakukan agar website bermanfaat dan tepat sasaran. Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa website mempunyai banyak fungsi antaranya yaitu sebagai tempat menulis atau blog, lalu sebagai toko online, ada yang menggunakan sebagai portfolio pribadi secara online atau juga sebuah perusahaan. Nah, dari situlah yang akhirnya dapat menentukan langkah selanjutnya yang akan dicapai dalam sebuah website.

  • Menentukan layanan platform yang tepat.

Kemudian saatnya Anda menentukan platform online yang dapat membantu Anda membuat website yang sesuai. Disini hanya membahas mengenai layanan situs atau website yang bersifat gratis atau tidak berbayar. Contohnya mulai dari yang ingin buat website sebagai blog pribadi bisa memilih blogspot. Lalu bagi Anda yang ingin membuat sebagai toko online sangat disarankan memilih sirclo. Dan jika ingin membuat untuk portfolio pribadi secara online bisa memilih menggunakan about me dan jika sebuah perusahaan bisa memilih wordpress. Tentunya masih banyak lagi layanan gratis yang dapat digunakan, lebih pertimbangkan kepada tujuan sebelum pemilihan.

  • Pahami fitur yang tersedia.

Jangan pernah mengeluh jika fitur pada website yang Anda gunakan sangat terbatas, namanya saja gratis. Seperti pada domain yang digunakan atau berbagai konten yang dapat dimanfaatkan untuk mempercantik website. Tetapi sebenarnya jika dilihat konten-konten tersebut telah memadai. Yang paling penting memang harus mempelajari dan memahami dahulu fitur yang tersedia sebelum Anda memutuskan yang terbaik.

  • Memulai buat website.

Selanjutnya tinggal membuat, langkah pertama yaitu buka layanan yang telah Anda pilih, lakukan registrasi dan pilih juga template website yang sesuai. Untuk template bisa diubah sewaktu-waktu, jangan khawatir. Kemudian masukkan nama domain dan data yang diperlukan lainnya, pastikan pada setiap tahapannya Anda memilih produk gratis.

  • Maintenance.

Setelah rumah atau website Anda sudah jadi saatnya untuk mengatur dan mengolahnya dengan memasukkan berbagai konten yang bermanfaat. Bukan hanya membuat website saja tetapi Anda juga perlu merenovasinya seperti halnya rumah. Misalnya dari tampilan yang lebih menarik atau lainnya.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *