Press "Enter" to skip to content

Tips Aman Melakukan Belanja Online di Berbagai Situs Jual Beli

Seperti yang bisa dilihat sekarang ini keberadaan toko ritel pada umumnya semakin terancam akibat semakin banyaknya toko online yang bermunculan. Bisa disadari sekarang ini kebiasaan belanja online yang lebih mudah, praktis dan aman lebih banyak menjadi pilihan masyarakat dari pada harus susah-susah keluar rumah sekedar memenuhi barang yang diinginkan. Konsumen dapat membeli berbagai jenis barang, berbagai merk barang diberbagai situs jual beli online. Di toko online sendiri banyak menawarkan promo-promo yang dapat menjadi salah satu daya tarik konsumen.

Namun dari kemudahan-kemudahan melakukan pembelanjaan melalui situs online tersebut tidak bisa menjadi ukuran tingkat keamanan. Tidak sedikit masyarakat yang menjadi korban salah satu penipuan melalui toko online. Berikut ini beberapa tips aman untuk meminimalisir terjadinya penipuan dalam situs jual beli online, antara lain:

  • Lakukan pengamatan.

Sebagai pemula yang belum mempunyai toko online langganan tentunya harus melakukan pengamatan terlebih dahulu. Maksudnya sebelum Anda menentukan online shop tertentu Anda harus meneliti terlebih dahulu. Sangat disarankan untuk memilih situs jual beli online yang telah mempunyai reputasi baik dan pengalaman yang positif dari para pelanggannya. Kalau bisa cari alamat secara real toko online tersebut, lebih aman lagi menemukan online shop yang direkomendasikan dari sumber yang terpercaya.

  • Jika ada keraguan, tinggalkan.

Melakukan belanja online itu ada beberapa tahapan dari mulai proses pemesanan sampai dengan pengiriman barang. Jika Anda menemukan kejanggalan dalam setiap prosesnya lebih baik untuk mengurungkan niat melanjutkan pembelian.

  • Lebih bijak memberikan informasi secara personal.

Ketika Anda berbelanja melalui situs jual beli online tentu penjual membutuhkan beberapa informasi penting mengenai data diri Anda mulai dari nomor telephone, alamat rumah, kartu kredit jika pembayaran menggunakan kredit atau mungkin lainnya. Pastikan Anda memberikan informasi yang sewajarnya, jangan pernah layani jika mereka menginginkan informasi secara lebih detail.

  • Lakukan pembayaran dengan tepat.

Seperti yang dikatakan diatas bahwa dalam pembayaran mempunyai peluang untuk oknum penipu melalui situs online beraksi. Entah kartu kredit atau debit yang Anda pilih tetaplah berhati-hati, keduanya berkemungkinan untuk bisa disalahgunakan yang menimbulkan kerugian.

  • Pastikan aturan pembelanjaan fair.

Sebuah situs jual beli online yang resmi tentu akan menginformasikan terlebih dahulu mengenai hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian diantara keduanya. Misalnya jika barang tidak diterima baik oleh pelanggan, cari informasi cara pengembalian yang tepat.

  • Sebelum Anda melakukan pembayaran lebih baik cek dan konfirmasi kembali, ditakutkan ada hal-hal yang salah akhirnya dapat menimbulkan kerugian.
  • Setelah Anda melakukan belanja online periksa kembali rekening koran Anda, apakah telah sesuai atau tidak. Hal ini untuk memastikan bahwa jumlah yang dikirimkan tepat pada rekening toko online tersebut.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *