Press "Enter" to skip to content

Membantu Anak Mempersiapkan Perlengkapan sekolah dan Beli Peralatan sekolah di Bukalapak

Peralatan Sekolah di Bukalapak – Menjelang tahun ajaran baru adalah hal yang paling merepotkan bagi sebagian orangtua. Karena mereka harus mempersiapkan beberapa perlengkapan sekolah anak yang diperlukan. Belum lagi bagi orangtua yang baru menyekolahkan anaknya untuk pertama kalinya. Terkadang mereka bahkan tidak tahu apa saja yang harus dibawa anak ke sekolah dan membelikan semua barang yang mungkin belum diperlukan si anak.

 

perlengkapan sekolah

Untuk mengetahui apa saja kebutuhan si anak dan mengurangi biaya pengeluaran karena membelikan barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan, berikut ada tips membeli keperluan sekolah anak.

  1. Kita harus tahu apa saja hal-hal penting yang harus selalu dibawa ke sekolah. Hal-hal penting dan wajib itu meliputi tas, sepatu, baju seragam dan buku. Untuk orangtua yang baru pertama kali menyekolahkan anak-anaknya kadang merasa kewalahan karena anak mereka tidak mau berangkat sekolah di hari pertama masuk. Dengan membelikan mereka barang-barang baru untuk keperluan sekolah mereka bisa membangkitkan motivasi mereka untuk berangkat ke sekolah.
  2. Tidak harus baru. Bagi orangtua yang baru pertama kali memasukkan anaknya ke sekolah, memberikan barang-barang baru bisa jadi motivasi si anak untuk berangkat sekolah. Tapi bagi orangtua yang anak-anaknya sudah lama bersekolah, saat tahun ajaran baru tidak perlu menggantikan semua keperluan sekolah dengan yang baru. Misalkan saja buku tulis. Biasanya beberapa anak menuntut agar dibelikan buku tulis baru karena teman-temannya yang baru membawa buku tulis baru yang sampulnya menarik. Beri pengertian pada anak-anak dengan sebaik-baiknya kalau buku lama yang belum digunakan pun fungsinya sama dengan buku-buku baru itu. Begitu pula dengan keperluan lain seperti tas dan sepatu. Tapi kalau memang sekiranya hal itu perlu diganti, maka belilah barang-barang yang baru. Jangan karena ingin mengirit lalu anak memakai sepatu yang sudah usang ke sekolah.
  3. Memberi tanda khusus pada barang-barang agar tidak mudah hilang. Beberapa anak merupakan tipe yang tidak teliti dalam merawat barangnya sendiri. Barang yang sering hilang adalah alat-alat tulis, meskipun tidak menutup kemungkinan barang-barang yang lain pun sering hilang. Seperti tempat makan atau botol minuman. Untuk mengatasi hal ini, perlulah kita memberikan tanda khusus pada barang-barang si anak agar mudah dikenali.

Hal berikut tidak termasuk tips dalam membantu anak mempersiapkan perlengkapan untuk sekolah mereka. Tapi sebagai bahan masukan untuk para orangtua saja. Saat melihat anak-anak kita sibuk mengerjakan tugas dan juga belajar untuk pelajaran di sekolah, kadang sebagai orangtua kita merasa kasihan dan memilih membantu mereka mempersiapkan segala kebutuhan anak untuk hari berikutnya.

Membantu anak dalam menyiapkan peralatan sekolah anak adalah hal yang harus dilakukan orang tua. Tapi tidak selamanya kita harus selalu membantu anak dalam hal ini. Bukan karena kita malas untuk mempersiapkan barang-barang itu. Tapi berilah kesempatan anak untuk belajar mandiri. Anak yang tumbuh dengan selalu dibantu orang tua dalam segala hal, akan tumbuh menjadi anak yang akan menggantungkan apapun pada orangtuanya.

Misal dalam hal sepele mempersiapkan kebutuhan sekolahnya sendiri. Saat kita memberikan anak kesempatan untuk mempersiapkan perlengkapan untuk sekolahnya, saat itu pula kita mengajarkan pada anak cara bertanggung jawab dan hidup mandiri. Tapi tidak lantas kita lepas tangan mengawasi si anak mempersiapkan peralatan sekolah sendiri. Tetap arahkan anak kalau mereka melakukan kesalahan, seperti misalnya salah memasukkan jadwal. Atau keliru memasukkan buku. Sebagai orangtua, tugas kita memang harus selalu mengawasi anak dalam hal apapun, meskipun tidak selalu secara langsung. Mengawasi dan bukannya mendikte si anak.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *