Press "Enter" to skip to content

Tips dan Trik Jitu Mempertahankan Pelanggan Toko Online dalam Ketatnya Persaingan

E-commerce tahun ini mulai ramai peminatnya, banyak kesuksesan yang diraih oleh para pengusaha melalui berbagai jenis bisnis melalui internet. Seperti salah satunya usaha toko online yang semakin banyak dilirik masyarakat karena kemudahannya untuk melakukan. Bagi konsumen yang tidak mempunyai waktu banyak dengan adanya online shop merupakan kabar gembira, karena kemudahannya hanya dengan sekali sentuh smartphone saja sudah bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Tak heran jika banyak masyarakat yang memilih untuk memenuhi kebutuhannya dengan belanja online.

Hal itu pula yang dimanfaatkan banyak orang untuk mencari keuntungan dari berjualan melalui online. Mulai dari kebutuhan pokok, alat-alat elektronik, alat transportasi, alat olahraga atau barang lain komplit tersedia di online shop. Semakin banyak orang memulai usaha tersebut semakin ketat pula persaingan dalam bisnis itu. Secara tidak langsung pelaku bisnis pertama harus tetap mempunyai trik khusus supaya dapat bertahan dalam bisnis online. Berikut ini ada beberapa tips dan trik mengenai bagaimana pemilik usaha online mampu mempertahankan bisnisnya, diantaranya dengan:

Baca juga: Tips Belanja Pakaian Di Toko Online Shop Indonesia

  • Beri pemikat konsumen.

Pertama yang perlu dipikirkan yaitu bagaimana orang yang telah melakukan pembelanjaan ditempat Anda akan terus datang dan melakukan pembelanjaan lagi. Seperti yang telah dikatakan oleh salah satu pendidik e-commerce terkenal mengatakan hal ini merupakan salah satu trik ampuh untuk mengembalikan konsumen melakukan belanja. Misalnya begini pelanggan yang telah mengajak temannya untuk melakukan pembelian akan mendapatkan potongan diskon 10%. Dan sistem itu berlanjutnya dengan pelanggan lainnya, secara otomatis toko online Anda akan mendapatkan konsumen baru dan pelanggan tetap.

  • Menjadikan pelanggan paling istimewa.

Yang harus ditanamkan dalam pikiran para penjual online shop yaitu jangan pernah abaikan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua pelanggan walaupun itu hanya melalui alat elektronik. Misalnya saja mulai dari respon yang cepat, sambutan yang baik sampai dengan memastikan bahwa barang yang dibeli sampai pada pelanggan dan tidak lupa ucapan terima kasih dari penjual.

  • Memanfaatkan newsletter.

Dalam melakukan penjualan memang yang diperlukan keaktifan penjual baik dari penawaran sampai dengan ucapan terima kasih saat transaksi selesai. Kalau dalam online shop hal yang penting adalah update produk baru, hal ini dapat dimanfaatkan untuk menarik pelanggan. Jadi sebagai pelanggan utamakan pengiriman informasi terlebih dahulu melalui beberapa media, hal itu akan menjadikan konsumen lebih merasa eksklusif.

  • Riset perilaku pelanggan.

Kemudian cara selanjutnya yaitu dengan melakukan pengamatan tentang perilaku pelanggan. Misalnya begini, Anda harus paham seberapa sering pelanggan tersebut melakukan pembelian. Contohnya dua bulan sekali, dari itu bisa Anda pahami bahwa mereka membutuhkan informasi produk terbaru dari toko online setiap dua bulan sekali. Secara otomatis hal itu akan membuat para pelanggan untuk tetap melakukan pembelanjaan ditempat Anda.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *