Press "Enter" to skip to content

Tips Aman Belanja di Situs Jual Beli Online yang Perlu Diperhatikan

Hanya dengan satu sentuhan pada layar smartphone sudah bisa mendapatkan semua hal kebutuhan Anda mulai dari berbagai jenis fashion, alat olahraga, alat elektronik, alat transportasi dan apapun lainnya. Dengan kemajuan teknologi khususnya e-commerce konsumen mampu berbelanja dengan berbagai barang dan berbagai situs jual beli online dengan mudah. Tidak bisa dipungkiri kemudahan internet untuk diakses seluruh orang sangat mengubah kebiasaan masyarakat modern. Mereka tidak perlu menyisihkan waktu dan tenaga untuk sekedar melakukan pembelanjaan. Bagaimana, semua terlihat menyenangkan bukan?

Tapi dengan kemudahan dan kelebihan yang didapatkan jangan pernah lupa untuk memikirkan resiko buruk yang dapat terjadi. Seperti halnya dunia bisnis pada umumnya, bisnis online juga memiliki banyak resiko yang bisa didapatkan baik untuk konsumen maupun untuk produsen. Berikut ini beberapa resiko yang bisa muncul saat Anda melakukan pembelanjaan secara online, antara lain:

  1. Banyaknya penipuan yang bisa terjadi saat melakukan pembelanjaan, mulai dari pemesanan, pembayaran sampai dengan pengiriman barang.
  2. Mendapatkan toko online yang ternyata palsu, website yang palsu dan tidak ada produk nyata yang diberikan saat transaksi sudah dilakukan.
  3. Mempunyai resiko mendapatkan barang atau produk yang palsu dari kualitas yang ditawarkan.
  4. Setelah melakukan pembayaran ternyata barang tidak kunjung diterima atau memang tidak pernah dikirimkan.
  5. Banyak situs jual beli online yang memberikan barang kepada para konsumennya yang tidak sesuai dengan deskripsi yang dijelaskan sebelumnya melalui media online.
  6. Mendapatkan iming-iming harga termurah dengan kualitas barang yang tinggi dari website lainnya.

Nah, jika melihat beberapa resiko diatas membuktikan bahwa kemudahan dalam melakukan pembelanjaan online ternyata beresiko mendapatkan banyak kerugian juga. Jadi sangat perlu berhati-hati dan apapun lebih diamankan dalam alat mobile apa saja karena kejahatan dalam dunia internet itu lebih mudah dilakukan bagi mereka yang telah ahli. Berikut ini beberapa tips keamanan yang paling mendasar saat melakukan pembelanjaan online, antara lain:

  1. Pastikan apapun perangkat yang terhubung langsung dengan web seperti smartphone, tablet atau lainnya telah terbebas dari malware atau virus berbahaya dengan menggunakan software versi terbaru.
  2. Ternyata kata sandi atau username saja tidak mampu melindungi akun media sosial dari bahaya kejahatan. Makanya kunci login Anda, caranya dapat dengan mengaktifkan berbagai tool autentik paling kuat melindungi berbagai media.
  3. Buat kata sandi berupa kombinasi antara huruf dan kata, fokus dengan kata atau kalimat yang memudahkan Anda mengingat.
  4. Dengan mengaktifkan pengamanan seperti sandi yang unik dan tidak mudah dikenali orang akan memuat Anda lebih nyaman saat melakukan pembelanjaan diberbagai situs jual beli online di internet. Yang paling utama akun media Anda mempunyai kata sandi yang cukup kuat.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *