Press "Enter" to skip to content

Menyikapi Internet Positif dengan Tepat Mendatangkan Manfaat yang Maksimal

Istilah internet positif tentu sudah akrab di telinga Anda semua, terlebih bagi yang memang aktif berselancar di dunia maya. Istilah ini memang merujuk pada tindakan sensor terhadap situs tertentu yang dianggap memuat konten kurang bermanfaat. Selain itu sensor ini diperlukan untuk mencegah konsumsi konten dewasa oleh remaja dan anak-anak yang kebetulan sudah cakap menjelajahi internet. Unsur tertentu memang dilarang keras untuk dibahas secara mendetail sebab bisa membuat internet sebagai sumber paham yang menyesatkan dan merugikan banyak orang.

Tips Menyikapi Sisi Negatif Internet

Ketika internet dimanfaatkan dengan benar maka hasilnya tentu akan bermanfaat, sebab banyak orang bisa menjadi pribadi lebih baik karenanya. Namun melihat masih banyak situs dengan konten negatif maka ada baiknya disikapi dengan bijak, berikut tips yang bisa diaplikasikan:

Baca juga: 5 Manfaat Dari Internet Positif

  • Baca dulu muatannya seperti apa,

Situs yang dianggap mengandung konten yang tidak baik dibaca semua kalangan memang bisa dilaporkan untuk kemudian diblokir. Namun jangan asal blokir dulu, sebab perlu dibaca betul isinya memuat materi apa. Jika memang hanya satu artikel yang mengandung unsur negatif maka bisa jadi hanya keteledoran admin saja bukan tujuan utama situs tersebut.

  • Berikan pemahaman pada anak-anak,

Anak-anak zaman sekarang memang lebih baik diajari internet sejak dini sebab diperlukan untuk proses belajar di sekolah. Mematikan internet tentu bukan cara tepat sebab Anda tentu tidak mau mereka menjadi generasi manusia goa di tengah generasi digital. Intinya dengan adanya internet positif usahakan memberi pemahaman lebih kepada mereka. Kenali apa saja yang baiknya dilakukan dengan internet dan mana yang tidak, beberapa juga hanya bisa diakses jika diperlukan misal punya akun medsos.

  • Batasi penggunaan internet,

Membatasi penggunaan internet merupakan tindakan bijak, supaya resiko menyalahgunakan internet bisa dijauhi semaksimal mungkin. Pembatasan internet ini bisa diberlakukan pada diri sendiri maupun pada seluruh anggota keluarga. Sebab dengan tindakan ini Anda dan keluarga memiliki waktu untuk sibuk dengan internet sekaligus dengan dunia maya, otomatis akan tercipta keseimbangan. Jika menyediakan WiFi di rumah maka saring situs mana saja yang bisa diakses dan mana yang tidak sejak awal.

  • Melakukan pengawasan secara maksimal,

Meski situs yang bisa diakses sudah disaring kadang kala masih bisa kecolongan, sebab perkembangan situs baru pun bermunculan. Ada yang muatannya dibuat sama namun alamat situsnya sengaja dibedakan ada yang sebaliknya memang baru secara keseluruhan. Idealnya pengawasan berkala tetap dilakukan, sehingga orangtua pun perlu update informasi di internet. Mau tidak mau wajib mengakses internet dan berkomunikasi dengan orang lain yang turut memakai internet pula. Sehingga menyikapi internet positif dengan tepat mendatangkan manfaat maksimal.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *