Press "Enter" to skip to content

Menilik Bahaya yang Akan Didapatkan Jika Kita Mengakses Deep Web

Jika di laut Anda mengenal istilah deep ocean dimana hanya hewan tertentu saja yang bisa hidup di tempat tersebut atau hanya bisa dijangkau oleh manusia dengan menggunakan alat bantu tertentu seperti menggunakan kapal selam, maka di internet juga ada istilah deep web. Sama seperti di kehidupan nyata, website ini hanya bisa diakses oleh orang tertentu saja yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Deep website ini cenderung identik dengan situs ilegal misalnya hacking, black market, penjualan narkoba atau yang lainnya dan bahkan situs tersebut juga menayangkan video yang sadis atau tidak layak untuk dilihat. Walaupun terlihat menarik untuk bisa mengakses di website tersebut namun ada bahaya yang harus ditanggung jika Anda nekat untuk masuk dan mengakses situs tersebut.

Pertama adalah konten yang ilegal. Di deep web, sebagian besar bahkan hampir semuanya menggunakan atau mengandung konten yang ilegal misalnya pornografi, konten sadis, jasa pembunuh bayaran ataupun narkoba. Tidak sedikit yang nekat untuk mengakses website tersebut dan setelah melihat isi dari situs tersebut seperti videonya, pengguna internet tersebut kapok atau bahkan mengalami mimpi buruk.

Kedua adalah menjadi sarang virus. Bukan hal yang baru jika di website yang hanya bisa diakses oleh orang tertentu ini mengandung banyak virus yang bisa mematikan komputer Anda bahkan data yang ada di komputer bisa hilang. Bukan hanya sejenis virus yang bisa dihilangkan dengan menggunakan antivirus namun juga virus berbahaya yang bisa saja virus tersebut merupakan alat mata-mata dari orang yang membuatnya.

Bahaya lainnya yang harus Anda hadapi saat Anda mencoba untuk mengakses deep web, yaitu:

  • Penjahat yang ada di balik layar komputer. Karena situs-situs ilegal yang ada di bagian ‘dalam’ ini tidak heran jika banyak orang yang bekerja di bidang yang ilegal misalnya pembunuh bayaran, penjual narkoba ataupun yang lainnya. Para penjahat ini bisa saja mengawasi gerak-gerik Anda saat Anda mengakses ‘dunia hitamnya internet’ ini jika Anda tidak hati-hati. Bukan tidak mungkin jika Anda mengabaikan keamanan komputer Anda atau pertahanan diri Anda, Anda bisa menjadi korban bisa di dunia nyata ataupun di dunia maya.
  • Diawasi pihak berenang seperti polisi. Karena website ini adalah dunia hitamnya di Internet maka mau tidak mau penegak hukum di setiap negara mengawasi gerak-gerik dari pergerakan situs hitam tersebut. Misalnya apakah ada yang melakukan transaksi narkoba atau black market atau bahkan perdagangan manusia atau tidak. Dengan pengawasan tersebut, penegak hukum bisa mencegah hal yang tidak diinginkan yang bisa merugikan orang yang menggunakan situs tersebut ataupun yang bisa mengancam keamanan negara.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *