Press "Enter" to skip to content

Ini Dia Ciri-ciri Website Berbahaya yang Berkedok Melakukan Scam dan Phishing

Banyaknya website saat ini membuat tidak sedikit orang yang merasa tertipu karena website tersebut ternyata palsu ataupun menyebarkan berita yang tidak benar. Salah satu kejahatan yang dilakukan website berbahaya adalah scam dan phishing. Keduanya sama-sama merupakan bentuk penipuan. Jika website scam menipu untuk mengelabui pengunjung agar bisa mendapatkan uang secara ilegal, maka website phishing merupakan website dengan kedok website yang asli dan mengelabui pengunjungnya untuk tujuan mendapatkan data diri misalnya kartu kredit.

Cara yang biasanya dilakukan oleh website yang berbahaya tersebut yaitu:

Baca juga: Website Berbahaya di Dunia

  • Website tersebut menyamar sebagai website internet banking, online shop, email sehingga mendapatkan username dan password kemudian data yang diambil tersebut dipergunakan untuk hal yang tidak bertanggung jawab misalnya untuk mendapatkan uang.
  • Website yang menawarkan sesuatu yang gratis ataupun voucher belanja atau yang lainnya dengan syarat Anda harus mengisi data diri Anda.
  • Website yang ketika dibuka muncul peringatan seperti komputer bervirus kemudian meminta Anda untuk mengunduh antivirus dari website tersebut.

Terdapat ciri website berbahaya yang berkedok melakukan penipuan scam dan phishing. Pertama adalah lihat namanya apakah aneh dan panjang dan susah untuk dihafalkan atau mudah, singkat dan jelas. Website yang berbahaya memiliki nama yang susah dan panjang, misalnya www.XXX12365423.es. Walaupun alamat website tersebut menyerupai yang asli namun website yang asli memiliki domain yang singkat dan padat yang memungkinkan pengunjung mudah untuk menghafalnya.

Kedua adalah alamat website tersebut menggunakan akhiran domain yang berbeda. Umumnya, alamat domain menggunakan .com, .org, .us, .id dan sebagainya. Namun, jika Anda mendapatkan nama domain dengan akhiran yang berbeda seperti .es atau jenis akhiran nama domain yang aneh dan tidak pernah Anda lihat sebelumnya, maka Anda sebaiknya berhati-hati sebab kemungkinan website tersebut adalah palsu dan berpotensi untuk melakukan penipuan yang bisa merugikan Anda.

Ciri lainnya dari website berbahaya yang harus Anda perhatikan dengan seksama adalah:

  • Menawarkan gratisan dengan jumlah yang menggiurkan. Website tersebut saat dibuka menawarkan pulsa dengan jumlah Rp 100.000 namun Anda tidak perlu membayarnya hanya perlu untuk memasukkan identitas di website tersebut sebagai permulaannya. Atau meminta Anda untuk menyebarkan voucher setelah memasukkan identitas diri agar Anda mendapatkan voucher makan atau belanja tersebut.
  • Meminta Anda untuk mengganti password yang lama. Cara ini biasanya dibarengi dengan ancaman jika Anda tidak mengganti kata sandi milik anda, maka keamanan data di dalam email Anda bisa terancam sehingga mau tidak mau Anda harus mengganti kata sandi Anda.
  • Ada peringatan dari antivirus yang ada di komputer Anda untuk tidak meneruskan ke website tersebut karena website tersebut berpotensi mengandung virus.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *