Press "Enter" to skip to content

Simak Ciri-ciri Website Hoax yang Menyebarkan Informasi Palsu

Saat ini berkunjung di website di dunia maya bukan hal yang baru lagi karena kemajuan jaman yang sudah semakin lama semakin maju dan lebih canggih. Akan tetapi, kemajuan teknologi tersebut juga dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan salah satunya adalah membuat website hoax yang berisi penipuan. Ragam penipuan bisa saja terjadi pada diri Anda sehingga Anda harus terus waspada.

Ada beberapa ciri dari website palsu terutama yang menyebarkan informasi mengenai berita hoax atau yang tidak benar, yaitu:

  • Tidak ada informasi mengenai pemilik atau penulis berita dari berita atau informasi yang ada di website tersebut sehingga berita tidak dapat dipertanggungjawabkan.
  • Memiliki banyak iklan. Walaupun tidak semua website dengan banyak iklan adalah website yang palsu atau hoax cenderung memiliki banyak iklan baik di atas, kanan, kiri, bawah bahkan jenis pop-up ads.
  • Situs tersebut cenderung mendukung salah satu pihak dan menjatuhkan pihak yang lainnya.

Website hoax tersebut pada umumnya tidak jauh berbeda dengan situs atau website yang terpercaya sehingga memungkinkan Anda juga bisa melakukan subscribe atau berlangganan berita dari website tersebut. Tidak dapat dipungkiri jika Anda bisa ditipu misalnya pencucian uang. Saat ini, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab yang lebih kreatif untuk menuliskan kata-kata sehingga orang yang mendapatkan email karena berlangganan situs tersebut bisa terjebak dan mengirimkan uang untuk ‘keperluan’ tertentu.

Selain penipuan uang, ada juga penipuan lotre. Penipuan ini berkedok lotre. Anda akan mendapatkan pesan via email dan menyebutkan mengenai Anda menang undian atau lotre dalam jumlah yang banyak namun Anda harus membayarkan uang muka atau beberapa persen dari jumlah tersebut. Jika tidak hati-hati, Anda bisa saja langsung mengirimkan sejumlah uang yang diminta ke orang atau pihak tersebut sehingga Anda akan rugi.

Penipuan software antivirus palsu yang ternyata justru membawa virus yang bisa menghilangkan data di tempat Anda. Anda bisa saja meng-klik link yang ada di website hoax tersebut yang menyebutkan jika software antivirus tersebut terbukti dan ampuh untuk menghilangkan virus yang ada di komputer Anda. Namun dengan mengunduh file tersebut dan kemudian memasangnya di komputer Anda, tanpa sadar Anda memasang juga virus yang bisa memperparah kondisi komputer Anda. Untuk menanganinya, maka Anda harus jeli melihat ekstensi dari file tersebut. Sedangkan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti untuk menghindari penipuan tersebut, Anda bisa melakukan cara berikut:

  • Cek lebih dahulu apakah website tersebut memiliki security atau keamanan yang dibuktikan dengan tanda gembok hijau yang tertutup.
  • Setelah mengetahui isi berita, cek keaslian dari berita tersebut.
  • Jangan melakukan klik di link yang mencurigakan.
  • Segera cancel jika Anda ternyata mendownload software yang mencurigakan.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *