Press "Enter" to skip to content

Simak Kesalahan Membuat Online Shop dan Pengelolaannya yang Membuat Konsumen Enggan untuk Membeli

Saat ini segala hal termasuk berbelanja lebih mudah untuk dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena sudah adanya online shop yang menjual beragam jenis produk misalnya produk fashion. Potensi keuntungan yang hampir sama atau bahkan lebih besar dibandingkan dengan toko konvensional atau retail membuat tidak sedikit orang tertarik untuk membuat online shop dengan menjual produk tertentu. Akan tetapi, pembuatan dan pengelolaan yang salah bisa menyebabkan online shop tersebut sepi pembeli.

Pertama adalah situs tersebut berat untuk dibuka. Hal tersebut bisa disebabkan karena situs Anda menggunakan bandwidth yang kecil namun tidak sebanding dengan banyaknya data dan ukuran file yang ada di situs. Jika situs tersebut berat maka bisa menyebabkan pembeli atau konsumen malas untuk melihat-lihat produk yang dijual di tempat Anda. Kedua adalah online store yang ruwet. Tampilan website sangat berpengaruh pada minat konsumen untuk berbelanja di online shop. Jika tampilannya tidak mendukung serta ribet, akan membingungkan konsumen dan konsumen enggan serta malas membeli di tempat Anda. Online shop yang acak-acakan juga terlihat tidak rapi dan menyebabkan website menjadi semakin barat.

Ketiga adalah produk yang ditampilkan tidak jelas. Karena konsumen tidak bisa menilai secara langsung maka konsumen tidak hanya akan melihat deskripsi barang yang akan dibeli namun juga tampilan barangnya. Jika saat membuat online shop tidak dilengkapi dengan fitur zoom in dan zoom out untuk mengecilkan dan memperbesar gambar agar lebih jelas, maka gambar menjadi tidak jelas dan pembeli kurang tahu mengenai tampilan dari produk yang dijual di online shop tersebut.

Keempat adalah keamanan yang tidak mumpuni. Salah satu yang menyebabkan konsumen betah dan menjadi pelanggan di tempat tersebut adalah karena online shop tersebut menjaga keamanan data yang di input atau dimasukkan untuk membuat akun ataupun untuk membayar. Jika tidak aman, maka pelanggan enggan belanja di olshop tersebut karena takut jika datanya tercuri. Karena hal tersebut, maka online shop yang Anda bangun harus diuji coba terlebih dahulu sehingga tahu pertahanan dari sistem online shop tersebut.

Tidak hanya karena kesalahan dalam membuat online shop yang membuat konsumen enggan untuk membeli barang dari olshop namun juga karena kesalahan pengelolaan. Diantaranya adalah:

  • Tidak melakukan update produk secara rutin. Konsumen tentunya akan lebih senang jika setiap kali membuka online shop ada produk baru yang bisa dibeli. Namun, jika vakum dan tidak mengupdate produk tersebut apalagi dalam jangka waktu yang panjang, bisa menyebabkan kekecewaan bagi konsumen.
  • Memberikan deskripsi barang yang terlalu sedikit ataupun terlalu banyak yang menyebabkan konsumen enggan untuk membacanya.
  • Harganya yang terlalu mahal.
  • Slow respons.
  • Barang yang ternyata berbeda dari yang aslinya.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *