Press "Enter" to skip to content

Cara Mudah untuk Pertolongan Pertama Pada Tampilan Situs Bermasalah yang Muncul di Browser Anda

Saat ini tidak sedikit orang yang memiliki situs yang bisa diisi dengan beragam informasi yang berbentuk tulisan, suara atau video. Akan tetapi, situs tersebut tidak selalu berjalan mulus terutama jika website tersebut dirubah atau dimodifikasi sesuai dengan yang Anda inginkan. Karena kesalahan coding atau faktor yang lain, misalnya karena konfigurasi browser yang salah, kesalahan SSL atau yang lainnya yang menyebabkan website Anda atau situs yang Anda kunjungi mulai bermasalah. Situs bermasalah biasanya diawali dengan ciri-ciri tampilan yang tidak sempurna seperti gambar yang tidak muncul dan hanya muncul teksnya saja, warna yang hilang.

Masalah tersebut bisa juga Anda temukan saat Anda mengunjungi situs tertentu untuk mendapatkan informasi, file ataupun media seperti video atau gambar dari situs yang Anda tuju. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa pertolongan pertama yang bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama adalah dengan menonaktifkan plug-in browser. Addon ataupun plug-in yang sejenis yang terpasang bisa saja beberapa elemen yang ada di website Anda atau yang ada di website yang dikunjungi terblokir sehingga tidak bisa menampilkan tampilannya. Anda bisa mencobanya kemudian mengecek apakah trik tersebut bisa digunakan atau tidak.

Kedua adalah mematikan blokir gambar ataupun JavaScript yang ada di browser Anda. Walaupun Anda bisa mengatur website atau tampilan yang ada di browser sesuai dengan keinginan Anda, namun jika Anda salah dalam mengaturnya, yang bisa juga disebabkan karena Anda tidak sengaja mengubahnya, bisa berdampak pada tampilan website tersebut sehingga tampilan situs bermasalah tersebut muncul di browser Anda.

Ketiga adalah menggunakan browser alternatif. Mungkin saja kesalahan tampilan di situs yang Anda miliki atau yang Anda kunjungi disebabkan karena kesalahan atau error yang terjadi di browser yang Anda gunakan sehingga agar website tersebut memiliki tampilan yang sempurna maka Anda harus update browser tersebut. Cara lain adalah dengan menggunakan browser yang lain/alternatif. Gunakan browser program selain yang biasanya Anda gunakan karena mungkin saja tampilan website tersebut berbeda dari penggunaan browser yang lainnya.

Keempat adalah memaksa browser tidak menggunakan cache saat Anda mengunjungi website tersebut. Trik ini sering berhasil jika menemukan tampilan dari situs bermasalah sehingga banyak digunakan sebagai pertolongan pertama. Penggunaan browser tanpa cache tersebut disebabkan karena seluruh elemen dari situs yang pernah Anda kunjungi saat menggunakan browser tersebut dan elemen tersebut tidak berubah sehingga jika tanpa cache kemungkinan konflik bisa dihindari jika ada perubahan. Dengan tidak menggunakan cache saat mengunjungi suatu website di browser yang biasanya Anda gunakan, bisa meningkatkan kecepatan akses serta bisa menghemat bandwidth. Cara untuk tidak menggunakan cache sedari awal sebelum Anda browsing adalah dengan menekan CTRL+F5 untuk force reload.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *