Press "Enter" to skip to content

Website Hoax : Cara Mengetahui Berita Palsu

Website Hoax : Cara Mengetahui Berita Palsu – Hidup di dunia yang serba terkoneksi dengan internet dan smartphone, membuat kita tidak lepas dari ancaman hoax atau kabar bohong. Kebohongan memang sangat lekat dengan dunia maya, alasannya jelas, hoax bisa membuat sebuah informasi terlihat lebih menarik untuk dibaca.

Namun jangan khawatir sebab ada beberapa cara untuk mencari tahu apakah sebuah kabar termasuk hoax atau bukan. Berikut caranya:

Baca juga: 10 Cara Menangkal Website Hoax

  1. Selalu berpikir skeptis terhadap judul berita. Hoax sering kali menggunakan kata-kata yang catchy, bahkan berirama dengan huruf kapital dan tanda seru (!). Jika klaim mengejutkan ditaruh di judul bahkan terkesan tidak terpercaya, maka kemungkinan besar berita tersebut hoax.
  2. Amati tautan. Sebuah tautan yang memiliki nama menyerupai sumber-sumber berita populer merupakan sebuah pertanda bahwa hal itu hoax. Banyak situs berita bohong yang menyerupai sumber-sumber asli dengan mengubah sedikit tautan mereka. Anda dapat membandingkan mereka dengan situs yang ditirunya.
  3. Telusuri lebih dalam sumber berita. Pastikan berita yang Anda baca berasal dari sumber terpercaya, jika situs tersebut kurang familiar, coba cek bagian profil dari situs tersebut dan telusuri lebih dalam.
  4. Format yang aneh. Berbagai situs berita bohong memiliki salah pengetikan atau desain laman yang aneh. Baca secara seksama jika kalian ingin melihat tanda-tanda ini.
  5. Pertimbangkan fotonya. Berita bohong sering kali menggunakan foto atau video yang telah dimanipulasi. Terkadang, foto yang mereka gunakan asli, tapi keluar dari konteks. Kalian bisa menelusuri foto atau gambar tersebut untuk mengetahui kebenarannya.
  6. Perhatikan tanggal. Berita bohong terkadang memberikan hal yang tidak masuk akal atau mengubah tanggal informasi mereka.
  7. Memeriksa bukti. Lihatlah kolom penulis untuk memastikan akurasi mereka. Identitas samaran bahkan tanpa nama merupakan indikasi berita bohong.
  8. Lihatlah laporan lain. Jika tidak ada situs berita lain yang melaporkan hal sama, itu bisa jadi sebuah kebohongan. Tetapi, jika berita serupa dilaporkan oleh beberapa media outlet yang kalian percaya, maka kemungkinan besar berita tersebut benar.
  9. Apakah berita itu lelucon? Terkadang berita bohong sangat sulit untuk dibedakan dengan humor atau satir. Periksalah apa sumber yang kalian baca diketahui sebagai situs parodi, dan bagaimana nada pemberitaan yang mereka berikan. Mungkin semua hanyalah lelucon.
  10. Beberapa berita sengaja dibuat untuk menipu. Cobalah kritis tentang apa yang kalian baca dan hanya bagikan berita-berita yang kalian tahu bisa dipercaya.

Demikian beberapa cara yang bisa digunakan agar terhindar dari berita hoax dari website hoax yang dapat menyesatkan. Semoga bermanfaat

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *