Press "Enter" to skip to content

Website Terbaik : Tools Untuk Mengukur Popularitas Sebuah Website

Website Terbaik : Tools Untuk Mengukur Popularitas Sebuah Website – Jika kamu mempunyai website, tentu kamu ingin mengetahui seberapa populer website atau blog yang kamu kelola. Popularitas website merupakan tolok ukur dan bahan acuan bagi webmaster maupun advertiser. Di internet telah tersedia web based tool untuk melakukan hal tersebut dengan acuan yang berbeda-beda, bisa dari traffic atau pengujung, atau berdasarkan tautan yang mengarah ke sebuah website atau dikenal dengan istilah backlink.

Berikut adalah beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk mengukur popularitas website terbaik yang kamu miliki: 

  • Alexa Rank

Alexa Internet Inc. atau disingkat Alexa adalah sebuah anak perusahaan Amazon.com yang menyediakan layanan data komersial terkait traffik web. Data-data traffik website yang menjadi layanan utama dari Alexa tersebut nantinya akan berfungsi untuk memfasilitasi penggunanya (blogger) guna mengetahui informasi tentang rangking atau peringkat suatu situs, yang didasarkan pada jumlah trafik atau pengunjung yang masuk ke situs. Peringkat traffik Alexa Internet sendiri didasarkan pada traffic agregat historis selama tiga bulan dari jutaan pengguna Alexa toolbar dan merupakan gabungan page views dan reach. Dengan situs yang beralamat di www.alexa.com, para blogger bisa mendaftarkan blognya untuk kemudian script Alexa dipasang pada blog mereka. Melalui Alexa Internet, para blogger akan dapat menganalisan tingkat popularitas blog miliknya. Tentu saja ini akan memberikan keuntungan dan manfaat untuk kebutuhan monetisasi blog atau hanya sekedar gengsi ketenaran blog saja.

  1. Similarweb merupakan situs andalan penulis untuk mengetahui popularitas sebuah website, dari tools sejenis similarweb memberikan data yang mendekati akurat. Di sini kamu bisa mengintip traffic dan juga darimana traffic itu berasal, baik dari direct traffic, refferal traffic, mesin pencari, social media dan email marketing secara details.
  2. Quantcast

Hampir mirip dengan alexa kamu juga bisa mengetahui popularitas sebuah website berdasarkan traffic rata-rata perbulan dan mendapatkan data-data penting. Namun tidak semua website bisa di test menggunakan quantcast, untuk membantu website kamu berada di quantcast kamu bisa melakukan validasi website.

  • Ahrefs

Ahrefs merupakan tool yang biasanya di pake untuk competitor analysis berdasarkan backlink. Ranking ahrefs berpaku pada tautan yang mengarah pada website. Ahrefs global rank DR (Domain Rank) UR(Url Rank). Tool ini bisa membedah secara details tautan yang mengarah ke halaman website, Namun anda haru menjadi member untuk memakai lebih jauh.

  • Majestic

Majestic juga tools yang dipakai untuk membedah backlink. Anda bisa mempelajari lebih lanjut formula popularitas backlink majestic di halaman overview atau FAQ. Semakin banyak dan berkualitas tautan yang mengarah ke dalam halaman website maka akan semakin bagus pula tingkat perankingannya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *