Press "Enter" to skip to content

Tips Online Shop : Mendapat Harga Murah di Situs Belanja Online

Tips Online Shop : Mendapat Harga Murah di Situs Belanja Online – Jika Anda memiliki toko online atau online shop, maka jelas Anda harus mencari harga yang paling murah karena harga inilah yang nantinya akan menentukan seberapa besar potensi dan profit yang bisa Anda hasilkan. Sebenarnya mencari supplier “harga termurah” tidak selalu menjadi hal yang paling penting dalam berjualan, karena apa yang jauh lebih penting adalah kualitas pelayanan supplier tersebut baik terhadap buyer dan juga reseller.

Tips online shop mendapat harga murah di situs belanja online ada 3 metode yang biasanya digunakan, yaitu :

  • Mencari melalui marketplace

Jika ingin mencari harga termurah sudah jelas kita tidak bisa lepas dari 2 raja marketplace tanah air yaitu Tokopedia dan Bukalapak. Semua orang mungkin sudah tahu kalau disinilah tempat mencari harga termurah secara online, karena marketplace ini adalah sarang berkumpulnya semua supplier/tangan pertama/distributor/importir di Indonesia. Selain itu berdasarkan beberapa pengalaman, biasanya harga termurah lebih sering ditemukan di Tokopedia daripada di Bukalapak (ini hanya referensi saya pribadi), mungkin karena di Tokopedia kita bisa melakukan dropship maka supplier pun berlomba-lomba memberikan harga yang terbaik untuk para resellernya.

  • Mencari melalui website resmi distributor

Dalam rantai distribusi biasanya ada 4 tingkat yaitu:

  1. Produsen
  2. Importir / master distributor (MD)
  3. Distributor
  4. Reseller / dropshipper

Untuk produk-produk lokal kita harus mencari dari akarnya (produsen) untuk mendapatkan harga termurah, sedangkan untuk produk luar negeri kita harus mencari importirnya atau master distributornya (kecuali Anda mau impor sendiri). MD (master distributor) inilah yang nantinya menyuplai stok/produknya kepada toko-toko distributor/reseller disekitar kita. Perlu diperhatikan bahwa biasanya produsen/importir/MD hanya mau menerima seller yang mengambil barang secara kuantiti (dalam jumlah banyak), artinya Anda harus menyetok barang tersebut (menjadi distributor) sehingga mau tidak mau harus keluar modal, dan untuk reseller/dropshipper toko online kemungkinan akan sangat sulit untuk bisa bernegosiasi dengan mereka.

  • Mencari melalui situs pembanding harga

Ini adalah cara terakhir mencari toko online harga termurah jika Anda masih belum menemukan referensi dari kedua cara sebelumnya. Gunakan beberapa situs pembanding harga online seperti:

  • Telunjuk.com
  • PriceArea.com
  • Priceza.co.id
  • id.Priceprice.com
  • PriceBook.co.id

Biasanya harga-harga yang dibandingkan situs pembanding harga hanyalah produk-produk brand resmi dari e-commerce yang resmi pula seperti dari Blibli, Elevania, dan Lazada, sehingga produk dari merchant yang membuat toko onlinenya sendiri (baik website, sosial media, FJB, dll) kemungkinan tidak terdaftar dalam list harga yang mereka sajikan.

Itulah ketiga cara yang biasanya saya gunakan untuk mencari toko/toko online dengan harga yang paling murah di Indonesia,

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *