Press "Enter" to skip to content

Situs Online Dunia : Dibalik Kesuksesan eBay

Situs Online Dunia : Dibalik Kesuksesan eBay – Tahukah anda dengan eBay? tentu sebagian orang sudah mengetahuinya bahkan sudah pernah menggunakan layanannya. eBay merupakan situs online terbesar di dunia. Saat ini, eBay merupakan salah situs e-commerce terbesar di dunia karena telah banyak dipilih jutaan pengguna internet dalam melakukan transaksi lelang barang. Tahukah anda siapa dibalik situs terkenal ini?

 Adalah Pierre Omidyar. Seorang pendiri situs online dunia eBay yang merupakan seorang insinyur teknik komputer kenamaan yang berasal dari Amerika. Pierre Omidyar dilahirkan di Paris pada tanggal 21 Juni 1967. Ia merupakan seorang warga keturunan Iran-Amerika. Ayahnya merupakan seorang dokter bedah di salah  satu rumah sakit umum di Paris, sedangkan Ibunya adalah seorang doktor bidang linguistic di Sorbonne. saat Pierre Omidyar berumur 4 tahun, orang tuanya memutuskan untuk kembali dan menetap di Amerika. Sejak kecil, Pierre Omidyar telah memiliki bakat dan minat di bidang teknik komputer. Hal itu ia tunjukkan setelah ia duduk di bangku kelas 9 di sekolahnya St Andrew’s Episcopal School di Potomac, Maryland. Ketertarikannya pada ilmu komputer semakin besar bahkan setelah ia lulus pada tahun 1984. 

Salah satu bukti bakat yang ia miliki adalah saat ia mengerjakan proyek sekolah pada bidang perpustakaan. Ia melakukan proyek tersebut berdasarkan niat untuk membantu sekolahnya agar memiliki sistem perpustakaan yang lebih baik. Hingga akhirnya ia berhasil membuat situs katalog online yang memberikan kemudahan dalam mengelola seluruh arsip perpustakaan tersebut. Setelah ia menekuni dunia komputer dan berhasil meraih gelar sarjana ilmu komputer dari Tufts University pada tahun 1988. Tidak lama setelah itu, ia ditarik oleh perusahaan IT bernama Claris yang merupakan salah satu anak perusahaan raksasa Apple Computer. Karirnya di perusahaan tersebut cukup cemerlang. Ia menjabat sebagai consumer software engineering. Pada tahun 1994, ia mendirikan sebuah usaha dengan nama Inc. development Corporation yang bergerak di bidang pengembangan perangkat teknologi berbasis internet. Berkat kerja kerasnya, perusahaan yang ia dirikan tersebut dilirik oleh Microsoft dan diakuisi. 

Perjalananan suksesnya dimulai dari niatnya untuk membantu temannya yang ingin menjual produknya secara online. Ia membuat script website yang rencananya akan dibuat website penjualan temannya tersebut. Namun siapa sangka bahwa script tersebutlah yang menjadi website eBay dan berhasil mengantarkannya pada kesuksesan. Karena rencana awalnya adalah membuat website skala kecil, Pierre pun hanya menghosting website tersebut dari website lain miliknya. website tersebut pun akhirnya berhasil diselesaikan setelah melalui pengembangan yang cukup panjang. Pada tahun 1997, ia ingin mendaftarkan kembali websitenya dengan nama echobay, namun ternyata nama tersebut telah terdaftar. Karena tidak ingin bolak balik mengurus nama, ia pun memutuskan untuk mengubah nama tersebut menjadi eBay setelah melakukan beberapa pertimbangan dan berdasarkan inspirasi dari teman dekatnya. Setelah beberapa tahun berselang, eBay berkembang tidak hanya untuk menjual produk  namun juga sebagai media jual beli dan lelang online. eBay yang dari awal penggunanya hanya di Amerika, lambat laun semakin menyebar ke luar benua Amerika.

 Setelah kesuksesan tersebut, nama Jeffrey Skoll dan juga Meg Whitman pun masuk sebagai CEO eBay pada waktu itu. Dari pengembangan tersebut, eBay tumbuh menjadi lebih besar dan progresif. Pada pembukaan saham perdananya, nilai saham eBay mencapai $ 4.5 miliar. Saat ini, Pierre masuk dalam daftar orang terkaya di AS dengan jumlah harta US$ 7,5 miliar atau setara dengan Rp 104 triliun.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *