Press "Enter" to skip to content

Bahaya Deep Web

Sama halnya dengan dunia nyata, dunia maya juga memiliki beberapa sisi. Ada dunia permukaan dan dunia bawah tanah yang sering disebut deep web. Akan tetapi karena kawasan deep web ini sulit dijangkau dengan cara biasa, tak semua orang bisa masuk ke dalamnya. Istilah deep web sendiri sebenarnya mengacu pada kawasan internet yang diisi oleh hal-hal yang dengan sengaja dibuat agar tidak mudah diakses oleh sembarang orang. Terkadang deep web juga kerap disandingkan dengan deep web. Akan tetapi dalam beberapa hal, ada perbedaan yang cukup fundamental antara keduanya. Deep web sendiri identik dengan situs-situs ilegal seperti black market, narkoba, hacking, dan beberapa hal lain yang tidak sepantasnya diakses. Bahkan tidak jarang ada video-video sadis yang beredar di wilayah deep web ini. Mungkin secara sepintas deep web memang terlihat menarik.

Namun sebelum masuk ke dunia bawah tanah ini, ada baiknya kamu tahu 4 bahaya deep web di bawah ini :

  • Konten Ilegal

Deep web adalah sarangnya konten-konten ilegal, mulai dari pornografi, prostitusi, narkoba, konten-konten sadis hingga jasa pembunuh bayaran. Bahkan tidak jarang ditemukan gambar, foto, ataupun video sadis dalam deep web. Karena itu jika kamu ingin mencoba memasuki deep web, pastikan kamu sudah siap mental. Karena melihat hal-hal yang mengerikan bukan hal yang tidak mustahil di deep web.

  • Sarang Virus

Jika kamu sering merasa jengkel dengan virus yang menginfeksi komputermu, maka kamu harus siap menghadapi resiko yang lebih besar di deep web. Banyak situs-situs deep web yang menjadi sarang virus. Tak sekedar virus yang hanya berbuat usil saja, di sini juga ada banyak spyware hingga virus berbahaya lain. Jika kamu tidak berhati-hati, bukan tidak mungkin komputermu terinfeksi virus, malware atau spyware berbahaya. Sebenarnya resiko virus ini tidak hanya mengancam data atau perangkat komputermu saja. Aktivitasmu juga bisa dimata-matai oleh sang penyebar virus. Bahkan webcam dan microphone yang ada pada komputermu juga bisa disadap. Malware yang cukup berbahaya dan tersebar di deep web ini beberapa di antaranya adalah Skynet, Vawtrack, dan Nionspy.

  • Tempatnya para Penjahat Berkeliaran

Deep web bisa disebut sebagai dunia hitamnya internet. Dan sama halnya dengan dunia hitam di dunia nyata, tak sedikit penjahat yang beroperasi di wilayah deep web. Jadi jika kamu tidak berhati-hati, bukan tidak mungkin kamu menjadi korban kejahatan. Tindak kejahatan yang dimaksud di sini memang tidak selalu sama seperti tindak kejahatan di dunia nyata. Akan tetapi tetap saja, hal tersebut akan merugikan sang korbannya.

  • Diawasi oleh Penegak Hukum

Bahaya deep web yang satu ini memang sedikit berbeda dengan risiko-risiko sebelumnya. Karena bahaya deep web ini baru muncul saat kamu melakukan hal yang tidak layak di deep web, entah itu bertransaksi narkoba atau mengakses konten-konten ilegal lain. Itu karena beberapa situs deep web memang kerap dimonitor oleh penegak hukum.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *