Press "Enter" to skip to content

Mengenali Website Hoax

HOAX atau pemberitaan palsu kini kian marak beredar di media sosial. Hampir setiap menit kita bisa melihatnya menjadi viral dengan cepat. Hal ini membuat banyak pihak dirugikan. Memang dari segi penulisan, berita hoax ditulis layaknya berita asli sehingga bisa menipu pembaca dengan mudah. Mungkin banyak dari masyarakat luas yang belum mengenal ciri-ciri website hoax. Pengetahuan ini juga penting agar kita bisa mengidentifikasi situs mana saja yang sering menabur berita hoax.

Baca juga: 10 Cara Menangkal Website Hoax

Berikut ini adalah ciri-ciri situs website hoax:

  • Informasi pemilik situs dan penulis berita

Ini sangat penting, sebagaimana pentingnya sebuah identitas. Situs berupa website dan blog yang berisi berita harusnya dengan terbuka menyebutkan pemilik situs dan penulis konten berita. Ini adalah hal mutlak untuk membuktikan kebenaran sebuah tulisan. Logikanya, berani berbuat berani bertanggung jawab. Semua situs berita hoax tidak mungkin menampilkan informasi pemilik situs, apalagi identitas penulis. Kalaupun ada informasi tersebut, coba periksa kebenarannya. Apakah benar identitas itu asli ataukah palsu. Berikutnya yang paling penting adalah tanggungjawab penulis terhadap tulisannya. Jika yang tertulis itu adalah berita yang benar sesuai fakta, maka akan ada nama penulis di bagian atas atau bagian bawah tulisan berita.

  • Informasi alamat redaksi

Informasi alamat redaksi juga penting, jika situs tersebut memuat berita asli maka mereka akan mencantumkan alamat kantor redaksi. Namun jika situs tersebut memuat berita palsu, maka tidak akan ada alamat redaksi. Kalaupun ada, itu adalah alamat palsu. Maka itu, pastikan anda mengecek alamat redaksi dari situs itu apakah asli atau tidak.

  • Cek keaslian berita

Caranya, cukup buka mesin pencari Google, lalu ketik kata kunci dari berita yang anda curigai sebagai hoax. Maka Google akan menampilkan sederet hasil pencarian yang bisa memastikan anda bahwa berita yang anda baca itu hoax atau bukan. Ini mengingat bahwa ada juga berita hoax yang dituliskan dengan gaya seperti berita asli. Bahkan ada juga berita hoax yang memang tampak asli. Untuk tidak tertipu dengan berita hoax, maka anda juga harus memperbanyak membaca berita yang asli. Tujuannya agar wawasan anda luas dan menguasai isu yang sedang dimainkan.

  • Situs Berita Hoax Cenderung Banyak Iklan

Situs yang mereka buat pasti memuat banyak sekali iklan. Mulai dari banner iklan paling atas (head-banner), iklan samping (side-banner), iklan dalam barisan tulisan (in post ads), iklan bagian bawah (footer-banner), dan yang paling parah adalah iklan yang akan muncul saat kita melakukan klik di sembarang tempat (pop-up ads). Memang situs-situs berita ternama juga punya banyak iklan. Tapi perbedaannya adalah disitus berita terpercaya iklannya tidak akan mengganggu anda saat membaca berita. Sedangkan situs berita hoax akan memaksa anda melihat dan meng-klik iklan dibanding untuk membaca berita.

  • Situs berita hoax cenderung mendukung satu pihak dan atau menjatuhkan pihak lain

Ini jelas berita hoax yang dituliskan bertujuan untuk kampanye gelap atau provokasi. Periksa saja berita-berita yang pernah dituliskan. Jika anda menemukan semua berita pokoknya sama, contohnya semua berita menjatuhkan si A dan memuji si B, maka itu bukan berita asli. Dan jika anda menemukan semua berita berisi satu tema yang sama, contohnya semua berita berisi tentang kejahatan si A yang patut dilawan, maka percayalah itu adalah berita yang mengandung unsur provokasi.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *