Press "Enter" to skip to content

Peluang Bisnis Internet

Seiring dengan pesatnya peningkatan pengguna internet dan juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini, perkembangan bisnis di Indonesia juga ternyata mengalami kenaikan yang cukup pesat. Pertumbuhan bisnis ini terlihat sangat mencolok pada bidang bisnis internet atau bisnis online dan juga bisnis offline go Online. Selain di bidang ecommerce (jual beli via internet), bisnis online juga mengalami pertumbuhan pesat di bidang teknologi informasi (TI). Media informasi yang dulunya melalui koran konvensional sekarang menjadi koran online. Bisnis internet juga banyak dijalankan oleh mereka yang memiliki skill di bidang tertentu dan ingin menghasilkan uang dari skill tersebut. Kita pasti sudah sering melihat sebuah bisnis offline yang kemudian dipasarkan secara online untuk meningkatkan penjualan ataupun untuk membuat brand lebih terkenal. Singkatnya peluang bisnis online saat ini terbuka sangat lebar dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin berbisnis.

Baca juga: Ciri Website Bagus untuk Bisnis Online

Bisnis online itu tentunya bisnis yang dijalankan melalui media internet. Setiap orang yang memiliki koneksi internet dan juga memiliki produk yang ingin dijual secara online bisa menjalankan bisnis internet. Target marketnya pun tidak terbatas karena kita bisa menjual produk kita kemana saja baik lokal maupun internasional. Bisnis internet bisa dijalankan oleh siapa saja, bahkan mereka yang gaptek bisa belajar bisnis online. berikut ini adalah beberapa peluang bisnis online yang menjanjikan walaupun tanpa modal besar, dan enaknya lagi bisnis ini bisa kita kerjakan dari rumah :

  • Bisnis Internet dengan Menjual Produk Orang Lain

Keuntungan menjual produk orang lain (reseller/ dropshiper/ affiliate) adalah kita tidak perlu pusing soal pengadaan barang yang akan dijual dan juga proses pengirimannya. Ada banyak toko online yang menawarkan program ini, tentunya kita juga harus mempelajari riwayat transaksi dari toko online tersebut. Pastikan bahwa Anda bekerjasama dengan orang yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya. Toko online yang menawarkan program reseller dan dropship biasanya bersedia mengirimkan barang kepada pembeli dimana dalam kemasan barang tersebut nama atau toko online kita yang menjadi pengirimnya. Sehingga kita tidak akan kehilangan pembeli tersebut apabila ingin melakukan pembelian di kemudian hari. Produk yang dijual dengan cara reseller/ dropship biasanya adalah barang berbentuk. Selain menjual produk berbentuk fisik, kita bisa menjual produk orang lain dalam bentuk digital seperti ebook, video, dan membership. Biasanya program ini disebut dengan affiliasi dimana kita mendapatkan komisi sekian persen dari total harga produk digital yang berhasil kita jual melalui link affiliasi kita.

  • Membuat website

Ada 3 hal penting dalam membuat website :

  • Desain web
  • Programmer website
  • Marketing Website

Ketiga hal tersebut tidak bisa dipisahkan. Kebanyakan orang salah kaprah terhadap hal tersebut. Orang berfikir, bahwa cukuplah dengan membuat website saja. Padahal dengan desain yang bagus, pengunjung akan lebih tertarik.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *