Press "Enter" to skip to content

Menghindari Penipuan di Forum Jual Beli Online

Forum Jual beli online yang makin marak beberapa tahun belakangan ini memang mengubah gaya belanja sebagian orang. Bukan hanya di kota besar, belanja barang secara online merambah hingga masyarakat di daerah-daerah pedesaan. Meski demikian, tak dapat dipungkiri makin banyak orang tidak bertanggung jawab yang mencari keuntungan melalui internet dengan cara-cara yang tidak terpuji, menipu orang lain dengan kedok perdagangan atau jual beli. Orang-orang seperti inilah yang memberikan kesan negatif pada dunia jual beli online di internet. Padahal, masih banyak sekali pelaku bisnis online yang jujur dan sungguh-sungguh dalam menjalankan usahanya, walau keseriusan mereka harus dikotori oleh para penipu-penipu yang bergentayangan di dunia maya.

Untuk menghindari penipuan di forum jual beli online tersebut, hal-hal berikut ini harus anda perhatikan :

  • Pastikan identitas dan reputasi penjual

Mengetahui identitas dan reputasi penjual adalah salah satu hal yang dapat menghindarkan Anda dari tindak penipuan. Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa penipu bisa saja menggunakan identitas palsu, salah satunya adalah mengatasnamakan toko atau agensi besar. Untuk itu, sebaiknya Anda tak langsung percaya dengan identitas sang penjual dan melakukan cross-check identitas sang penjual. Selain itu, sebaiknya Anda tanyakan kepada pengguna lain atau moderator mengenai identitas sang penjual.

  • Prioritaskan penjual dengan lokasi terdekat

Sistem jual-beli online memang dapat memudahkan kita untuk melakukan proses jual-beli dari jarak jauh. Meskipun demikian, sebaiknya Anda memprioritaskan penjual yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Mengapa? Jika Anda terkena kasus penipuan, Anda tak akan repot untuk mengurusnya ke pihak yang berwajib. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah untuk mengidentifikasi sang penjual.

  • Jangan Tergiur dengan Barang yang Murah

Salah satu strategi penipu untuk memancing korbannya adalah dengan memasang harga barang yang sangat murah daripada harga yang ada di pasaran. Apabila Anda akan berbelanja online dan menemukan suatu toko online yang memasang harga murah, maka Anda wajib untuk tidak mudah tergiur dengan apa yang dipromosikan.

  1. Akan lebih baik lagi jika Anda forum jual beli online yang memang sudah terpercaya sehingga transaksi yang Anda lakukan benar-benar tidak berisiko.
  2. Gunakan fasilitas rekening bersama

Kebanyakan dari transaksi online yang ada di Indonesia memang masih mengandalkan sistem transfer menggunakan rekening bank yang seringkali dimanfaatkan para penipu untuk menjerat korbannya. Salah satu metode yang tergolong cukup ampuh untuk menghindari penipuan online adalah dengan menggunakan rekening bersama. Rekening bersama adalah instansi perantara yang akan mencairkan uang yang Anda bayarkan kepada penjual, jika barang telah sampai ke tangan Anda dan sesuai dengan pesanan. Ajaklah penjual untuk menggunakan rekening bersama. Jika ia tidak bersedia, maka sebaiknya batalkan transaksi Anda. Sistem semacam ini, saat ini sudah banyak dilakukan oleh forum-forum jual beli online di Indonesia.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *