Press "Enter" to skip to content

Cara Mengenali Website Berbahaya

Berapa banyak website yang sudah Anda ketahui? Umumnya pengguna Internet mengenal beberapa website favorit yang sering dikunjungi dalam aktivitas sehari-hari, namun jumlah tersebut jauh lebih kecil dibandingkan seluruh website yang ada. Menurut statistik real-time di internetlivestats.com, total jumlah website yang ada sudah mencapai lebih dari 1.123.000.000. Dari sekian banyak website yang tidak Anda kenal, yang mungkin Anda kunjungi suatu saat terdapat website-website yang berbahaya. Lalu, bagaimana cara mengenali website berbahaya atau tidak?

  • Ancaman Dari Dunia Cyber

Setiap pengguna Internet dapat menjadi target website berbahaya. Website-website tersebut memiliki cara tersendiri untuk mencapai tujuannya. Salah satunya dengan berusaha mengarahkan pengguna untuk men-download malware. Malware dapat disamarkan sebagai file utility, game, crack, key generator, dan lain-lain. Ancaman lainnya adalah website phishing, yaitu website yang menyamar sebagai website yang memiliki otoritas untuk mendapatkan data sensitif seperti username, password, atau informasi kartu kredit. Umumnya website phishing meniru website asli (misalnya dengan meniru website sebuah bank) dan menggunakan nama domain yang sekilas terlihat mirip. Tidaklah sulit untuk meniru tampilan sebuah website karena seseorang dapat dengan mudah mendownload website dalam format HTML beserta file gambar dan file *.css, memodifikasinya dengan script berbahaya dan kemudian menguploadnya. Website-website seperti ini jelas merupakan ancaman serius bagi pengguna Internet. Risikonya antara lain kebocoran data, atau komputer Anda terinfeksi malware dengan bermacam-macam aksinya, salah satu yang marak terjadi adalah malware yang mengenkripsi data penting dan meminta uang tebusan (ransomware). Bagaimana berbagai website berbahaya ini dapat ditemui oleh pengguna? Terdapat banyak akses, misalnya melalui search engine. Walaupun search engine seperti Google memiliki peraturan ketat dan mencoba melindungi pengguna Internet dari website yang berbahaya, namun berbagai teknik black hat Search Engine Optimization (SEO) terus diupayakan oleh penjahat cyber untuk dapat memperoleh posisi yang mudah ditemukan pada pencarian search engine. Cara lainnya adalah dengan melalui email spam yang berisi link berbahaya.

  • Waspadai Website Berisi Penawaran Bertubi-tubi

Di Internet, Anda dapat menemukan berbagai website yang menawarkan produk dalam berbagai bentuk, mungkin berupa iklan, atau konten untuk didownload, dan seterusnya. Anda perlu waspada dengan website yang menampilkan banyak iklan pop-up yang membuka tab browser baru, atau menawarkan download plugin tertentu untuk dapat melihat konten. Walaupun belum tentu website seperti ini berbahaya, namun setidaknya Anda perlu mewaspadainya karena lebih berisiko terdapat script atau file malware.

  • Scan Link Mencurigakan

Jika Anda tidak yakin apakah sebuah website berbahaya atau tidak, Anda dapat melakukan scan URL pada berbagai layanan online yang tersedia. Fitur ini pada umumnya disediakan oleh website-website antivirus. Misalnya yang disediakan oleh AVG di http://www.avgthreatlabs.com/website-safety-reports/, Anda cukup mengetikkan domain website yang dicurigai, selanjutnya akan tampil keterangan apakah website tersebut aman atau tidak.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *