Press "Enter" to skip to content

Ciri-Ciri Mengetahui Website Hoax

Website hoax —- Hoax atau berita bohong, beberapa waktu terakhir begitu dibicarakan di media-media sosial. Berita hoax, dengan segala macam informasi di dalamnya akan merugikan kita semua dalam melihat fakta sosial hari ini. Tak jarang, pemberitaan palsu menjadi viral di medsos, parahnya lagi sebagian masyarakat ada yang percaya kalau berita tersebut benar adanya.

Namun sebagai masyarakat yang melek akan kebenaran, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam melihat sebuah berita dan website hoax yang berkembang di masyarakat kita hari ini.

1.Cari Informasi Pemilik Situs & Penulis Berita.

Situs-situs yang memberitakan berita bohong dan informasi abal-abal, biasanya tidak pernah menampilkan sosoknya sebagai pemiliki situs tersebut. Mereka takut ketahuan dan dicari identitasnya.  

Cara mengetahui informasi pemilik situs dan penulis berita di situs hoax tersebut itu cukup simpel dan mudah. Yakni Anda bisa masuk  ke menu “redaksi” pada situs tersebut dan Anda bisa lihat segala jenis medsos yang mereka gunakan dalam menyebarkan berita situs hoax mereka.

Jika di laman redaksi tersebut tidak ada pemiliknya, Anda harus hati-hati terhadap berita negatif yang ada di situs tersebut.

  1. Cara Informasi Alamat Redaksi Situs.

Situs yang sungguhan dalam menyuguhkan berita yang sesuai fakta di lapangan biasanya mencantumkan alamat redaksi mereka. Tapi sebaliknya, jika situs yang sering memberitakan berita-berita provakasi, fitnah dan bohong mereka tidak akan menampilkan alamat redaksi, karena lagi-lagi mereka pasti akan takut ketahuan. Maka itu, pastikan anda mengecek alamat redaksi dari situs itu apakah asli atau tidak. Cara mengecek keaslian alamat redaksi sebuah situs hoax agak mudah. Cukup gunakan fasilitas aplikasi Google Maps dan cari alamat yang dituliskan dalam situs itu.

  1. Wesbsite Hoax Selalu Banyak Iklan.

Situs hoax yang mereka buat pasti memuat banyak sekali iklan alasannya untuk mendatangkan keuntungan pribadi karena berita-berita spektakuler mereka yang parahnya kita percaya sebagai fakta sosial.  Biasanya website yang hoax akan memasang iklan mulai dari banner iklan paling atas (head-banner), iklan samping (side-banner), iklan dalam barisan tulisan (in post ads), iklan bagian bawah (footer-banner), dan yang paling parah adalah iklan yang akan muncul saat kita melakukan klik di sembarang tempat (pop-up ads).

Memang beberapa website-website berita populer juga punya banyak iklan. Tapi perbedaannya adalah website berita terpercaya iklannya tidak akan mengganggu Anda saat Anda membaca berita terbaru mereka. Sedangkan situs berita hoax akan memaksa anda melihat dan meng-klik iklan dibanding untuk membaca berita mereka.

Semoga ulasan di atas mengenai cara-cara mengetahui website hoax di atas bisa Anda jadikan referensi. Agar kita sebagai masyarakat di Indonesia, jangan gampang terprovakasi oleh berita-berita yang kadang meresahkan.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *