Press "Enter" to skip to content

Amazon. com: Situs Online Dunia Terbesar & Berpengaruh

Situs online dunia —  Amazon.com, Inc. adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon adalah pengecer daring terbesar di dunia.Perusahaan ini juga memproduksi barang elektronik konsumen—termasuk pembaca buku elektronik Amazon Kindle dan komputer tablet Kindle Fire—dan merupakan salah satu penyedia jasa komputasi awan besar.

Amazon memiliki beberapa situs online dunia web ritel untuk Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, Jepang, dan Cina, dengan pengiriman internasional sebagian produknya ke negara-negara lain. Amazon juga akan meluncurkan situs web terpisah di Polandia,Brasil,Belanda dan Swedia.

Baca juga: 5 Situs Beli Online Terbesar Di Dunia

Jeff Bezos mendirikan perusahaan ini (dengan nama Cadabra) pada bulan Juli 1994 dan situsnya mengudara dengan nama amazon.com tahun 1995.Perusahaan ini diberi nama sesuai Sungai Amazon, salah satu sungai terbesar di dunia yang juga diberi nama setelah Amazon, bangsa prajurit wanita legendaris dalam mitologi Yunani. Amazon.com berawal sebagai toko buku daring, lalu menjadi penjual DVD, CD, MP3, perangkat lunak, permainan video, barang elektronik, perlengkapan, furnitur, makanan, mainan, dan perhiasan.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994, didorong oleh apa yang oleh Jeff Bezos pendiri Amazon disebut “kerangka minimisasi penyesalannya”, yang menggambarkan upayanya untuk menangkis penyesalan karena tidak berpartisipasi lebih cepat dalam ledakan bisnis Internet selama masa itu. Pada tahun 1994, Bezos meninggalkan pekerjaannya sebagai wakil presiden D. E. Shaw & Co., perusahaan Wall Street dan pindah ke Seattle. Dia mulai mengerjakan sebuah rencana bisnis untuk apa yang pada akhirnya akan menjadi Amazon.com.

Bezos menggabungkan perusahaan tersebut sebagai “Cadabra” pada tanggal 5 Juli 1994. Bezos mengubah namanya menjadi Amazon setahun kemudian setelah seorang pengacara salah menyebut nama aslinya sebagai “cadaver”.  Bezos memilih nama Amazon dengan melihat melalui kamus dan menetap nama situsnya menjadi “Amazon” karena Amazon adalah tempat yang “eksotis dan berbeda” seperti yang dia bayangkan untuk perusahaan Internetnya; Sungai Amazon, dia mencatat sungai “terbesar” di dunia dan dia berencana menjadikan tokonya menjadi situs online dunia terbesar di dunia.

Setelah membaca laporan tentang masa depan Internet yang memproyeksikan pertumbuhan perdagangan Web tahunan sebesar 2.300%, Bezos membuat daftar 20 produk yang bisa dipasarkan secara online. Dia mempersempit daftar itu menjadi apa yang dia rasakan sebagai lima produk paling menjanjikan, termasuk: compact disc, perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, video, dan buku. Bezos akhirnya memutuskan bahwa bisnis barunya akan menjual buku secara online, karena permintaan literatur yang besar di seluruh dunia, poin harga yang rendah untuk buku, bersama dengan banyaknya judul yang tersedia dalam bentuk cetak.  Amazon didirikan di garasi rumah Bezos di Bellevue, Washington.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *