Press "Enter" to skip to content

Cara Menulis Fashion Review untuk Pemula

Dunia fashion merupakan dunia yang penuh dengan gejolak, hampir setiap hari terjadi perubahan trend di industri fashion. Banyak sekali perusahaan konveksi atau pakaian yang datang dengan model dan jenis pakaian baru setiap waktu. Hal ini menimbulkan kebingungan bagi publik untuk memilih jenis, model pakaian dan merek pakaian yang tepat untuk dikenakan di berbagai kesempatan. Karena bingung untuk menentukan jenis dan model pakaian yang tepat, umumnya orang akan mencari ulasan tentang sebuah model dan jenis pakaian melalui review yang ada di majalah atau di internet. Di internet, terdapat konten yang menulis review untuk pakaian yang ditulis oleh kritikus fashion ternama, atau juga oleh perancang busana. Namun tidak jarang pula ada review mengenai fashion yang ditulis oleh amatir yang memiliki selera mode. Bagi Anda yang menyukai fashion, Anda dapat menulis review mengenai fashion terbaru. Tulisan ini akan membahas bagaimana cara memulai penulisan fashion review untuk pemula.

Baca juga: Hal Mendasar Terkait Menulis Review Fashion

Menulis Pakaian yang Pernah Anda Kenakan

Cara terbaik untuk memulai menulis fashion review adalah menulis pada pakaian yang sudah pernah Anda kenakan. Hal ini penting sebab Anda sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang pakaian tersebut, mulai dari bahannya, modelnya, jenisnya, dan kenyamanannya ketika digunakan, dan juga hal lainnya. Anda akan dapat mengetahui detail tersebut, sehingga Anda bisa menuliskan setiap detail informasi yang diinginkan oleh pembaca saat mereka menjalani review produk pakaian.

Menulis Review Perbandingan

Cara lain yang juga baik untuk memulai menulis artikel review produk pakaian adalah dengan menulis review perbandingan. Tinjauan perbandingan memungkinkan Anda membandingkan lebih dari satu model dan jenis pakaian dari sudut pandang yang kritis. Anda juga dapat menuliskan pendapat Anda dengan memutuskan mana yang terbaik untuk dipakai. Perbandingan itu bisa terkait dengan warna, bahan, ukuran, dan kenyamanan. Menulis review perbandingan tentang pakaian memang akan cenderung subjektif, tapi itu bagus untuk melatih menulis review.

Menuliskan Spesifikasinya dengan Lengkap

Umumnya, pembaca review produk fashion membutuhkan informasi yang lengkap terkait spesifikasi sebuah model atau jenis pakaian. Oleh karena itu, Anda harus menyertakan beberapa rincian terkait dengan spesifikasinya secara lengkap. Misalnya ketika menuliskan ukuran baju, Anda tidak cukup menuliskan ukuran M, L, atau XL, sertakan juga ukuran detailnya, misalnya yang M lebar dan panjangnya berapa centi meter, begitu juga yang L dan XL.

Menuliskan Kesimpulan

Selain spesifikasi dan informasi terkait sebuah produk fashion, hal lain yang dibutuhkan pembaca dari fashion review adalah ingin mengetahui kesan orang lain terkait dengan produk fashion tersebut. Oleh sebab itu, berikanlah kesimpulan dari setiap tulisan atau ulasan Anda. Misalnya, dengan memberikan nilai, dari lima bintang, berapa bintang yang Anda berikan untuk produk tersebut. Atau Anda bisa juga menulis kesimpulan secara naratif, yang berisi kesan pribadi Anda terkait produk tersebut.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *