Press "Enter" to skip to content

Cara Mengelola Tampilan Situs Web Terbaik

Website atau situs web merupakan alamat atau rumah di dunia maya, di mana setiap orang atau pengguna internet dapat membuat atau membangun websitenya sendiri, baik yang sifatnya pribadi maupun umum. Terdapat jutaan website di dunia, yang masing-masing website memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda. Ada website yang dibuat untuk menampung catatan pribadi, website berita, situs jual beli, website promosi produk, dan banyak pula website untuk media sosial. Saking banyaknya website di internet, tidak herang jika dunia persaingan website sangatlah kompetitif, terutama dalam merebut hati pengunjung. Semakin banyak sebuah situs diklik atau dikunjungi, maka semakin tinggi rating sebuah situs/ website. Oleh sebab itu, mengelola website bukanlah suatu perkara yang mudah. Harus ada strategi dan inovas yang dilakukan pengelola website untuk menarik perhatian pengguna internet. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara mengelola tampilan situs web terbaik.

Baca juga: Menaikkan Rating Website Agar Menjadi Situs Web terbaik

Mempercepat Bukaan Website

Salah satu hal mendasar yang harus diperhatikan agar website kita bisa mudah dibaca oleh orang lain adalah dengan mempercepat bukaan website kita. Banyak sekali pengunjung sebuah website yang langsung pindah ke website lain karena loading di sebuah website terlalu lama. Kita harus memaklumi bahwa koneksi internet di Indonesia kecepatannya masih di bawah rata-rata kecepatan koneksi internet negara-negara lain di Asia. Koneksi yang tidak stabil akan memperlambat bukaan sebuah situs. Namun desain dan template sebuah situs juga berpengaruh besar pada proses bukaan sebuah website ketika dikunjungi orang lain. Pastikan bahwa website yang kita kelola bisa terbuka kurang dari sepuluh detik. Kita juga harus mempertimbangkan pengunjung yang membuka website kita melalui seluler, yang mungkin tidak memiliki kecepatan koneksi yang luar biasa untuk menikmati sambungan internet. Beberapa tips ringan yang dapat dilakukan untuk mempercepat aksesabilitas website adalah dengan mengoptimalkan gambar, uji performa situs, dan menghindari postingan video.

Menggunakan Gambar Kecil

Situs web terbaik dan menarik umumnya disertai dengan gambar atau ilustrasi yang berkaitan dengan konten. Gambar yang tepat akan menguatkan konten atau tulisan sebuah web. Agar lebih efektif, kita juga bisa menggunakan infografik. Apapun jenis gambar yang dipilih, pastikan bahwa gambar tersebut berkapasitas kecil, agar tidak berat ketika website dibuka. Gambar yang kecil bukan hanya soal ukuran dan dimensi, melainkan kapasitasnya.

Menggunakan Warna yang Sesuai

Banyak sekali website yang saking semangatnya sampai menggunakan banyak warna, sehingga bukan malah indah dilihat, sebaliknya konten website tersebut menjadi sulit untuk dibaca, sebab presisi warnanya antara background dengan warna font tidak tepat. Warna sangat penting pada halaman website. Perhatikan simbolisme warna yang kita pilih pada website kita.

Itulah beberapa tips mengenai cara mengelola tampilan situs web terbaik. Selain hal mendasar yang berkaitan dengan tampilan, pastikan bahwa konten atau tulisan yang kita posting berkualitas, sebab nilai utama sebuah website terletak pada kontennya.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *