Press "Enter" to skip to content

Cara Mengelola Situs Bagus Sendiri

Memiliki situs, website atau blog seakan sudah menjadi trend di kalangan para pengguna internet. Situs merupakan alamat atau rumah maya, di mana di situs tersebut biasanya diposting hal-hal yang digemari oleh pengelola atau pemiliknya, mulai dari hobi, berita terkini, bahkan catatan harian dan berbagai informasi lainnya. Membuat sebuah situs mungkin merupakan hal yang mudah, sebab banyak tutorial yang mengajarkan cara membuat website dengan mudah. Namun bagian tersulit dari membuat website adalah menjaga kualitas kontennya dan keuletan juga daya tahan dalam mengelola website tersebut. Banyak orang yang terlalu mengandalkan semangat, namun websitenya sepi pengunjung karena kontennya memang tidak menarik dan tidak berkualitas. Oleh sebab itu, membuat website harus dilakukan dengan serius. Beirkut ini adalah bahasan mengenai cara mengelola situs bagus sendiri.

Baca juga: KIAT MENGELOLA ONLINE SHOP MURAH TIDAK RUGI

Fokus pada Keahlian yang Dimiliki

Sebuah website atau situs bagus umumnya memiliki fokus bada bahasan tertentu, tidak melebar dan memiliki topik atau tema utama. Area dan bahasan topik yang sangat luasakan sulit mendatangkan audiens yang loyal. Misalnya, sebuah situs dengan tema traveling, hendaknya hanya membahas hal-hal yang berkaitan dengan traveling, apapun bentuk dan gaya tulisannya, sebab tema traveling sudah melekat pada situs tersebut.

Sebuah situs yang terlalu luas akan tidak fokus sehingga pembaca tidak yakin bahwa situs tersebut akan memberikan apa yang mereka cari, sebab umumnya pembaca situs akan mengunjungi sebuah situs berdasarkan hobi dan kegemaran mereka. Sebaliknya, blog yang berfokus pada satu topik (atau sejumlah kecil topik yang masih berhubungan erat) memungkinkan pembaca mengetahui dengan tepat apa yang diharapkan dari situs tersebut, dan mendorong orang-orang yang tertarik dengan topik tersebut atau memiliki hobi dan kegemaran yang sama untuk kembali ke situs tersebut di lain waktu.

Temukan Sesuatu yang Unik

Terdapat jutaan situs di internet, hanya situs-situs yang unik dan yang berkarakter sajalah yang akan memiliki banyak pengunjung dan pembaca setia. Apapun topik atau tema yang dipilih, sebenarnya akan ada orang lain atau website lain yang sudah menulis tentang topik yang sama. Maka agar menonjol dan menjadi pilihan pembaca, sebuah situs harus dapat menawarkan sesuatu yang baru kepada pembaca, semua penulis atau pengelola situs harus memiliki sisi yang unik pada konten yang mereka buat. Sisi yang unik inilah yang akan digunakan pembaca untuk menentukan penulis mana yang mereka sukai dan ikuti.

Mempublikasikan Konten Secara Reguler atau Terjadwal

Sebuah situs bagus biasanya memiliki jadwal tertentu untuk memposting tulisan. Sebuah situs berita, misalnya, biasanya akan memposting minimal 50 berita setiap hari. Namun untuk situs pribadi, memposting satu tulisan sehari sudah bagus, bahkan rata-rata pemilik situs pribadi hanya memposting seminggu sekali. Yang terpenting adalah, konten harus dipublikasikan secara reguler. Pengelola situs perlu mengatur jadwal untuk menambahkan artikel baru ke situs secara berkala.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *