Press "Enter" to skip to content

Cara Mengelola Situs Beli Online

Perkembangan kegiatan jual beli online dapat dilihat dari peningkatan jumlah transaksi online yang terus berkembang dari tahun ke tahun, dengan presentase peningkatan lebih dari 120% setiap tahunnya, atau lebih dari dua kali lipat transaksi tahun-tahun sebelumnya. Banyaknya permintaan akan produk yang dijual online membuat banyak pebisnis dan pedagang yang mulai tertarik untuk berjualan online. Salah satu unsur yang sangat penting dalam kegiatan jual beli online adalah tersedianya situs atau media tempat jual beli itu sendiri. Fungsi dari situs atau website jual beli tidak ubahnya seperti toko. Toko tersebutlah yang akan dikunjungi oleh calon pembeli untuk melihat-lihat produk yang  dijual oleh pedagang online tersebut. Oleh sebab itu, semakin menarik sebuah situs, baik berupa tampilan atau informasi yang ditawarkannya, akan semakin nyaman calon pembeli untuk melihat-lihat dan kemudian berbelanja. Situs beli online harus dikelola dengan baik. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengelola situs jual beli online.

Akses yang Mudah dan Cepat

Salah satu hal mendasar yang harus diperhatikan dalam mengelola situs beli online adalah aksesabilitas website tersebut. Banyak sekali website yang sulit untuk dibuka sebab terlalu berat. Oleh sebab itu, pengelola situs harus memastikan bahwa situsnya mudah dibuka. Kemudahan dalam mengakses sebuah situs memang terkait erat dengan kecepatan koneksi internet masing-masing pengguna internet. Namun, pilihan tamplate dan semua hal yang berkaitan dengan situs juga akan mempengaruhi kecepatan keterbukaan situs tersebut. Misalnya, website video akan lebih berat dibuka dibandingkan dengan blog pribadi, sebab video merupakan konten yang berat.

Pastikan bahwa konten dan pilihan penataan website tidak akan memberatkan website tersebut. Apalagi, penggemar belanja online di Indonesia umumnya berbelanja online dengan mengandalkan smartphone. Jika situs web jualan sulit dibuka, maka mereka akan mencari toko online lainnya. Cobalah Anda membuka situs jual beli yang Anda kelola dengan menggunakan smartphone, apstikan loadingnya tidak lebih dari sepuluh detik, sebab di atas sepuluh detik, calon pembeli akan bosan menunggu.

Informasi yang Lengkap

Hal yang tidak kalah penting terkait dengan situs jual beli adalah informasinya mengenai produk yang dijual dan ditawarkan. Tuliskanlah informasi yang lengkap tentang masing-masing barang yang dijual, mulai dari jenis, bahan, ukuran, dimensi, berat, warna, garansi, dan spesifikasi lainnya. Jangan lupa pula cantumkan harga dan nomor kontak yang dapat dihubungi, agar calon pembeli bisa dengan mudah menghubungi Anda jika tertarik dengan sebuah produk di website tersebut.

Menggunakan Gambar yang Jelas dan Asli

Dalam situs beli online, keberadaan gambar bukan hanya sebagai pelengkap konten, melainkan sesuatu yang wajib hukumnya. Pastikan untuk mencantumkan gambar setiap produk yang dijual. Gambar yang dioposting tersebut harus gambar yang jelas dan asli, sehingga calon pembeli dapat melihat secara langsung tampilan produk yang akan dibelinya tersebut.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *