Press "Enter" to skip to content

Langkah-langkah Membuat Website Bagus

Website atau situs web merupakan alamat di dunia maya yang didalamnya terdapat banyak data dan informasi. Umumnya, ketika kita akan menikmati layanan dan jaringan internet untuk mencari informasi atau berita, kita akan menjelajah dari satu website ke website lain. Website tidak ubahnya seperti rumah atau bangunan di dunia maya. Jumlah website di internet ada jutaan, yang masing-masing website memiliki tema dan keunikannya masing-masing. Umumnya, para pengguna internet ingin memiliki website sendiri untuk dijadikan rumah mayanya. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat website bagus tahap demi tahap.

Baca juga: Langkah demi Langkah Panduan untuk Membuat Website Bagus

Memilih Platform Website

Sebelum kita mulai memilih warna dan nama domain, sebaiknya kita memikirkan dan memutuskan platform apa yang akan kita gunakan dalam membuat sebuah website bagus. Platform merupakan sistem pengelolaan konten di internet yang menyediakan domain situs, baik secara gratis atau berbeyar. Di antara platform yang populer di masyarakat adalah wordpress dan blogspot. Selain dua platform tersebut, drupal dan joomla juga cukup digemari oleh para pemilik website di dunia.

Dari banyaknya platform website, penulis lebih menyarankan memakai wordpress. Platform yang satu ini benar-benar gratis, pilihan layout dan temanya juga beragam. WordPress tidak membebankan beaya untuk mendownload atau menginsta, banyak tema dan template yang bagus yang bisa kita pilih, sehingga kita tidak kehabisan ide untuk menata website kita kelak. WordPress juga sangat mudah digunakan oleh pemula.

Memilih Nama Domain

Nama domain atau alamat situs yang akan kita buat tidak boleh sembarangan. Misalnya, jika situs tersebut adalah situs pribadi yang berisi data-data tentang kita, sebaiknya kita menggunakan nama kita sebagai nama domain, baik nama lengkap atau nama pendek. Umumnya, domain dapat diperoleh dengan gratis. Pilihlah domain yang sesuai dengan isi website yang kita bayangkan. Misalnya kelak website kita akan diisi dengan tulisan seputar sepak bola, maka kita bisa menggunakan nama domain offsite(dot)com atau bisa juga memakai domain freekick(dot)com.

Memilih Tema atau Template

Tema atau template pada website tidak ubahnya seperti background yang akan menjadi latar dari semua postingan kita. Tema atau template akan mempengaruhi tampilan website secara keseluruhan, terutama tampilan secara sekilas. Umumnya, kita tidak ingin tampilan website kita sama dengan website milik orang lain, sehingga kita berusaha menata tema atau template kita seunik dan seberbeda mungkin, namun tetap enak dilihat. Cara paling mudah untuk mengatur dan memilih tema atau template adalah dengan masuk ke dashboard, kemudian cari tulisan customize your site. Pilihlah appearance untuk menentukan tema dan template dari website kita. Aturlah semuanya dengan detail dan sesuai dengan karakter kita masing-masing.

Itulah langkah-langkah membuat website bagus. Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah mengisi website yang sudah dibuat tersebut dengan tulisan atau konten.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *