Press "Enter" to skip to content

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Review Website

Internet menawarkan banyak informasi yang ditayangkan di berbagai situs atau website. Cara dan gaya sebuah website dalam menyampaikan sebuah informasi atau tulisan tentu berbeda-beda, sebab setiap website memiliki karakternya masing-masing. Karakter yang berbeda-beda itulah yang membuat kita dapat menilai mana website yang bagus, dan mana website yang memiliki banyak kelemahan. Akan selalu ada kesan yang kita peroleh dari mengunjungi sebuah situs atau website, baik kesan yang positif, maupun kesan yang negatif. Cara paling efektif untuk menuangkan kesan kita tentang website yang kita kunjungi adalah dengan menuliskan review. Berikut ini adalah ulasan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kita akan melakukan review website.

Review Website Berbeda dengan Review Produk

Mungkin bagi kita yang sudah sering menulis, melakukan review merupakan sesuatu yang mudah dan biasa, terutama mereview produk. Namun perlu diperhatikan bahwa review website berbeda dengan melakukan review produk. Pendekatan ketika menulis review atau ulasan tentang sebuah situs berbeda, perangkatnya pun berbeda-beda.

Melakukan Screenshot

Kita sepakati bersama bahwa gambar atau foto memiliki peranan yang penting untuk menguatkan sebuah review. Oleh sebab itu, ketika menulis review tentang situs yang kita kunjungi, jangan lupa untuk melakukan screenshot, agar tampilan situs bisa terlihat jelas oleh pembaca review yang kita tulis. Cara paling mudah untuk membuat screenshot atau tangkapan layar adalah dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + PrtSc SysRq pada keyboard. Langkah selanjutnya, bukalah aplikasi paint, lakukan paste di paint, maka gambar yang kita tangkap dari tampilan website sudah bisa kita simpan. Ketika melakukan screenshot, pertimbangkanlah beberapa hal, mulai dari memilih sisi yang paling menarik, hingga menampilkan halaman awal (home) sebuah situs.

Menulis Ikhtisar atau Gambaran Isi Situs

Membahas semua hal yang terdapat pada situs dalam satu tulisan review tentu sulit dilakukan, kecuali kita bisa menulis panjang lebar dan memiliki banyak waktu luang. Oleh sebab itu, tuliskan saja semacam ikhtisar atau gambaran umum tentang situs yang kita kunjungi, mulai dari tampilannya, tema besarnya, apa yang ditawarkan, dan kemudahan akses yang diberikan kepada pengunjung. Tekankanlah bahasan pada topik tentang kemudahan penggunaan, apakah pengelola situs tersebut sudah memfasilitasi pengunjungnya dengan baik atau belum.

Aplikasi dan Hal Positif

Menulis dan mengulas tentang fitur mungkin penting, namun menuliskan atau membahas tentang aplikasi/ konten dan hal-hal yang positif dari sebuah website tentu akan lebih penting, sebab umumnya pembaca akan menunggu apa kelebihan sebuah situs alih-alih tentang kekurangannya. Berikanlah pendapat secara objektif tentang kelemahan dan kelebihan sebuah situs, sebab sebuah review website tidak akan lengkap tanpa kesimpulan yang berisi pendapat si penulis.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *