Press "Enter" to skip to content

Data Menarik Seputar Jual Beli Online di Indonesia

Akhir-akhir ini, banyak sekali pedagang dan pebisnis yang mulai beralih ke bisnis online atau mengembangkan bisnisnya dengan membuka toko online. Eksodus pebisnis ke toko online ini disebabkan oleh peluang berbisnis online di Indonesia yang memang benar-benar menjanjikan. Jumlah pengguna internet semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini berimbas langsung pada banyaknya jumlah transaksi di toko online Indonesia. Misalnya, pada tahun 2008, menurut data yang dirilis Bank Indonesia, jumlah transaksi online di Indonesia hanya sejumlah 2,5 juta transaksi. Setahun kemudian, yaitu pada 2009 , jumlah transaksinya meningkat puluhan kali lipat, yaitu mencapau 41 juta transaksi. Berikut ini akan dibahas mengenai data menarik seputar jual beli online di Indonesia.

Baca juga: Awal Mula Munculnya Situs Jual Beli Online

Disebabkan Peningkatan Jumlah Pengguna Internet

Sebagaimana disinggung di atas, semakin populernya kegiatan jual beli online di Indonesia merupakan dampak dari peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia. Akses masyarakat Indonesia akan internet semakin mudah, cukup dengan menggunakan smartphone, akses internet bisa diperoleh. Berikut ini adalah data mengenai peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia:

Pada tahun 2011, jumlah pengguna intenet di Indonesia mencapai 55 juta orang. Pada tahun berikutnya, yaitu 2012, pengguna internet di Indonesia meningkat menjadi 63 juta orang. Pada 2013, terdapat hampir 10 juta pengguna internet baru di Indonesia, sehingga pada tahun tersebut jumlah pengguna internet nasional mencapai 82 juta orang. Pada tahun 2014, peningkatannya sangat signifikan, yaitu mencapai 107 juta orang. Peningkatan tersebut seakan belum mau berhenti, pada tahun 2015, jumlah penikmat layanan internet di Indonesia sudah mencapai 139 juta orang, dan meningkat menjadi 152 juta orang pada tahun 2016.

Jumlah Transaksi

Sementara untuk jumlah transaksi, sebagaimana dirilis oleh Bank Indonesia, pada tahun 2011 terjadi 41 juta transaksi. Tahun berikutnya yaitu 2012, peningkatannya lebih dari 100%, yaitu mencapai 100 juta transaksi, dan meningkat lagi menjadi 137 juta transaksi pada 2013. Peningkatan yang paling signifikan terjadi pada tahun 2014, yaitu mencapai 368 juta transaksi. Hal ini disebabkan karena pada tahun tersebut banyak smartphone yang dijual dengan harga murah. Pada tahun 2015, terdapat 480 juta transaksi di toko online Indonesia. Sedangkan pada tahun 2016, transaksinya mencapai lebih dari 600 juta transaksi.

Produk yang Paling Banyak Diburu

Memang tidak semua produk bisa laris dijual di toko online. Barang yang rentan pecah atau rusak selama proses pengiriman merupakan barang yang sangat dihindari untuk dibeli secara online. Tidak heran jika produk pakaian atau fashion yang cukup aman untuk dikirim ke tempat jauh, menduduki presentase penjualan yang paling tinggi. Selain produk fashion, para penggemar jual beli online di Indonesia kini juga suka membeli buku atau majalah secara online.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *