Press "Enter" to skip to content

Tips Cara Membuat Website Review

Kegiatan berselancar di internet merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di waktu luang atau ketika suntuk dengan rutinitas pekerjaan. Dengan mengunjungi berbagai situs di internet, akan banyak pengetahuan dan hal-hal baru yang kita peroleh. Ketika berselancar dari satu situs ke situs lain, biasanya kita akan cenderung membandingkan antara satu situs atau website dengan website lainnya. Kita akan mencari kelebihan dan kekurangan masing-masing situs. Salah satu hal yang bisa kita maksimalkan ketika menilai kelebihan dan kekurangan sebuah situs adalah melakukan review, yaitu semacam tulisan yang mengulas sebuah situs secara spesifik. Berikut ini adalah tips membuat website review.

Baca juga: TIPS PEDAGANG MEMBUKA TOKO ONLINE SHOP MURAH

Mengunjungi Website yang Ingin Kita Tinjau

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan membuat website review adalah dengan mengunjungi atau masuk ke situs web tersebut. Telusurilah halaman demi halaman web dan cari tahu tema atau bentuk tulisan yang ditawarkan situs tersebut. Perhatikan secara detail dan bacalah konten yang bagi kita menarik. seorang penulis review tidak harus membaca semua konten di sebuah situs, melainkan hanya membaca postingan yang paling menarik. Cukup dengan membaca sekitar 10 tulisan, kita akan mendapatkan kesimpulan awal tentang tema dan gaya sebuah situs.

Fokus pada Sesuatu yang Penting dan Menarik

Ketika akan melakukan review atas sebuah website, kita harus fokus, yaitu memilah sesuatu yang penting dan bermanfaat saja bagi pembaca, dan mengabaikan hal-hal yang kurang penting dan kurang menarik. Dengan demikian, pembaca akan mengetahui berdasarkan tulisan kita, apakah sebuah situs layak dikunjungi atau tidak. Paparkan pula alasan mengapa situs tersebut unggul, dan mengapa situs tersebut dianggap lemah, uraikan dengan baik.

Seberapa Besar Daya Tarik Sebuah Situs

Ketika membicarakan keunggulan sebuah situs, hal pertama yang perlu dibahas adalah tentang konten, yaitu isi dari website tersebut. Tema lain yang perklu dibahas adalah tampilan luar situs, mulai dari ketersediaan kemudahan bagi pengunjung, desain, fitur-fitur penunjang, dan hal-hal yang lebih mendetail lainnya. Cobalah untuk menganalisis dan mempelajari tujuan pengelola situs tersebut, apakah situs itu memang sudah sesuai dengan tujuannya, atau belum. Dengan langkah-langkah tersebut, kita akan dapat menyimpulkan seberapa besar daya tarik sebuah situs, dan seberapa besar tingkat keberhasilannya.

Temukan Kelemahan dan Masalah di Website Tersebut

Ketika kita akan mereview sebuah website, posisikanlah diri kita sebagai orang dalam. Seandainya kita yang mengelola situs tersebut, apa yang akan kita tambahkan dan apa yang akan kita buang dari situs tersebut. Dengan demikian, secara tidak langsung kita sudah memikirkan cara membuat situs tersebut menjadi lebih baik. Selanjutnya, kita dapat memberikan berbagai saran dan masukan melalui tulisan kita.

Temukanlah potensi masalah dan kelemahan website tersebut, sebab salah satu tujuan dari website review adalah memberikan pandangan kita dan memberikan usul agar website tersebut bisa lebih baik.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *