Press "Enter" to skip to content

Data dan Fakta Seputar Online Shop Indonesia

Jual beli online di Indonesia berkembang sedemikian pesat dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Kini, membeli barang secara online seakan sudah menjadi gaya hidup dan trend di kalangan para pengguna internet. Jumlah transaksi online terus meningkat dari tahun ke tahun. Tidak hanya jumlah transaksinya yang meningkat, jumlah orang yang berkerja di biadng bisnis online juga semakin banyak. Bahkan kini, hampir semua pedagang dan pebisnis membuat lini online untuk lebih mengembangkan bisnisnya dan memperluas daya jangkaunya. Berikut ini adalah data dan fakta seputar online shop Indonesia.

Baca juga: 3 Sistem Transaksi Belanja Di Online Shop Indonesia

Barang yang Paling Banyak Dibeli

Terdapat banyak sekali jenis barang atau produk yang dijual secara online. Namun, ada lima jenis barang yang memiliki presentase penjualan yang sangat tinggi, yaitu: pertama, produk fashion, yang presentase penjualannya hampir mencapai 50%. Di posisi kedua adalah handphone, terutama handphone seri terbaru yang masih belum dirilis secara luas ke pasaran. Di posisi ketiga, adalah alat-alat elektronik dan penunjang komputer, mulai dari aksesoris hingga alat-alat lainnya. Di posisi keempat adalah buku dan majalah, tidak meratanya distribusi buku ke seluruh wilayah di Indonesia merupakan faktor yang menyebabkan buku sangat laris di toko online. Di bawah buku dan majalah, adalah barang grosir seperti kebutuhan sehari-hari.

Alat Pembayaran yang Paling Sering Digunakan

Jual beli online memiliki banyak sekali cara pembayaran. Untuk alat pembayaran yang paling sering digunakan di online shop Indonesia adalah: (1) ATM, yang merupakan alat pembayaran yang paling disukai oleh sebagian besar penggemar belanja online Indonesia; (2) Cash in Delivery (COD), untuk produk makanan layanan pesan antar;  (3) transver via kantor cabang bank, biasanya untuk pembeli yang tidak memiliki ATM atau bank yang sama dengan bank milik penjual; (4) internet banking, banyak digunakan untuk transaksi dalam jumlah besar; (5) kartu kredit, meski penggunaan kartu kredit belum begitu populer di Indonesia, banyak kalangan kelas menengah yang cenderung menggunakan kartu kredit ketika berbelanja online.

Jasa Online Paling Banyak Diburu

Selain produk, jasa juga merupakan jenis layanan yang banyak dicari di toko online. Adapun jasa yang banyak dicari melalui toko online atau transaksi online adalah: (1) Pemesanan tiket perjalanan, dengan presentase hingga 40%; (2) Hotel atau tur wisata, dengan presentase 31 %); (3) Tiket konser atau tiket event lainnya seperti pertandingan olahraga, dengan presentase 12%; sementara layanan jasa lainnya memiliki presentase sebesar 17%.

Jumlah Transaksi yang Pernah Dilakukan

Adapun besaran jumlah transaksi/ nominal yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika berbelanja di online shop Indonesia adalah transaksi senilai 1-5 juta rupiah, yang presentasenya mencapai 46%. Sementara transaksi senilai 500 ribu hingga 1 juta rupiah, presentase 18%, sama dengan transaksi di bawah 500 ribu rupiah, yang juga memiliki presentase 18 %.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *