Press "Enter" to skip to content

Hal yang Harus Dibahas Ketika Menulis Review Fashion

Dunia fashion merupakan bidang yang terus berkembang dan seakan tidak pernah mati. Setiap waktu, muncul berbagai jenis dan model terbaru di bidang fashion yang memberikan kesegaran bagi para peminat fashion. Jenis-jenis dan model item fashion terbaru yang muncul mampu menggeser jenis dan model item fashion yang sudah ada sebelumnya. Namun di sisi lain, fashion yang dianggap sudah ketinggalan zaman atau sudah habis masa kejayaannya oleh sebagian orang justru diburu kerena keunikannya. Hal inilah yang membuat dunia fashion terus berkembang. Sebagaimana kata pepatah, yang patah tumbuh yang hilang berganti. Pergerakan model fashion yang cukup cepat menyebabkan dunia fashion semakin semarak. Tidak heran jika banyak bermunculan wartawan atau penulis khusus fashion yang menulis review fashion di berbagai media.

baca juga: Tips Membuat Review Fashion yang Menarik

Di antara para penulis review fashion, terdapat banyak sekali penulis yang bekerja freelance, yaitu penulis tanpa media yang menjalankan kegiatan mengulas tema fashion tertentu untuk menjalankan hobinya, atau karena kesukaannya terhadap jenis fashion tertentu. Bahkan tidak sedikit pula penulis pemula yang coba-baca menulis review seputar dunia fashion untuk mendapatkan honor atau reward dari tulisannya. Bagi para pemula, berikut ini adalah beberapa hal yang harus ditulis ketika menulis atau membuat fashion review.

  1. Nama atau Jenis Item Fashion yang Dikenakan

Banyak sekali penulis yang menulis fashion review namun lalai menulis nama atau jenis item fashion yang dibahas. Dalam dunia fashion, terdapat banyak sekali nama dan jenis item fashion. Misalnya untuk pakaian jenis rok, ada rok model A-line, accordion, span, dan jenis lainnya. Begitu pula dengan baju atasan atau jenis baju luaran, ada cardigan, jas, blazer, rompi, dll. Oleh sebab itu, pengetahuan penulis fashion review harus luas agar mudah dalam menuliskan sesuatu yang sedang dibahasnya.

  1. Bahan Item Fashion yang Dibahas

Selain nama dan jenis item fashion, bahan sebuah item fashion juga penting untuk dibahas. Dalam dunia fashion, bahan atau material berkaitan dengan banyak hal, mulai dari musim hingga cuaca. Untuk mengetahui jenis bahan sebuah item fashion, cara yang paling mudah adalah menyentuh atau meraba item fashion tersebut. Namun bagi wartawan dan penulis, menyentuh langsung pakaian yang dikenakan oleh model merupakan sesuatu yang sulit dilakukan. Cara yang paling efektif untuk mengetahui bahan sebuah item fashion adalah dengan mewawancarai perancangnya. Jika masih sulit dilakukan, maka seorang penulis fashion review harus belajar membedakan dan mengenali bahan sebuah pakaian hanya dengan melihatnya dari kejauhan.

  1. Produsen atau Brand Fashion

Produsen dan brand fashion juga merupakan bahan bahasan yang tidak kalah penting ketika menulis review fashion. Produsen juga mencakup perancang busana pakaian yang dibahas tersebut. biasanya, sebuah produsen atau brand fashion memiliki karakter dan ciri khas tersendiri dalam memproduksi sebuah item fashion, dan itu akan menarik jika dijadikan topik bahasan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *