Press "Enter" to skip to content

Pertimbangan yang Perlu Dilakukan Ketika Beli Online

Kegiatan jual beli online semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, khususnya para pengguna internet aktif. Saat ini, jual beli online bahkan mulai berkembang menjadi trend dan gaya hidup di sebagian kalangan. Terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab pengapa jual beli online semakin diminati. Berbagai kemudahan yang ditawarkan ketika berbelanja online, juga berbagai bonus yang dijanjikan oleh para penjual online merupakan beberapa penyebab mengapa transaksi jual beli online di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Bagi para pembeli, berbelanja online mungkin memang memudahkan. Namun jika tidak jeli dalam berbelanja, bukan kemudahan yang didapatkan, justru pembeli akan mendapatkan kesulitan bahkan kerugian baik yang sifatnya meteriil maupun non-materiil seperti waktu yang terbuang percuma. Berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan ketika akan berbelanja atau beli online.

  1. Metode Pembayaran

Metode pembayaran merupakan pertimbangan utama yang perlu dipikirkan ketika akan berbelanja atau beli online. Banyak sekali toko online yang hanya menerima transaksi sesama bank, atau dengan kata lain tidak menerima transaksi dari bank lain yang berbeda dengan bank yang digunakan oleh pemilik toko online tersebut. Pilihlah toko online yang memudahkan dalam hal pembayaran. Bahkan jika perlu, pilihlah penjual online yang memiliki banyak jenis rekening bank, agar Anda bisa memilih rekening yang banknya sama dengan bank yang Anda gunakan untuk menghindari pajak transfer ke rekening lain.

  1. Alamat Domisili Penjual/ Pengirim

Alamat domisili penjual atau pengirim juga perlu dipertimbangkan. Hal ini akan terkait langsung dengan ongkos kirim yang harus Anda tanggung dan lamanya proses pengiriman. Semakin dekat alamat domisili si penjual atau pengirim, maka akan semakin murah ongkos kirimnya, dan akan lebih cepat sampai pula barang yang Anda pesan tersebut.

  1. Tersedianya Garansi atau Jaminan

Salah satu kekhawatiran terbesar dari pembeli online adalah barang yang diterimanya tidak sesuai dengan apa yang dipesan, atau barang yang dibelinya sampai ke alamatnya dalam keadaan yang sudah rusak, pecah, atau kondisi yang tidak baik. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda meminta garansi atau jaminan ketika berbelanja online. Carilah penjual yang berani memberikan garansi. Sebab selama proses pengiriman, barang yang Anda pesan merupakan tanggung jawab pihak pengirim atau penjual.

  1. Pelayanan dan Keramahan Penjual

Pelayanan dan keramahan penjual juga merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan beli online. Banyak sekali pengelola dan pemilik toko online yang tidak ramah melayani calon pembeli, mulai dari enggan menjawab pertanyaan, hingga terlambat dalam merespon pertanyaan dari pembeli. Oleh sebab itu, carilah toko online yang pelayanannya ramah dan memudahkan, agar jika ada komplain di kemudian hari, Anda akan dilayani dengan baik dan semestinya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *