Press "Enter" to skip to content

Awal Mula Munculnya Situs Jual Beli Online

Awal Mula Munculnya Situs Jual Beli Online—bukan hanya dalam dunia nyata saja, perbelanjaan itu memang harus di di dasari oleh rasa saling percaya dan nyaman serta aman. Begitu juga dalam dunia jual beli online ini. Aspek-aspek tersbeut tentu jauh lebih penting. Karena dalam jual beli online, pihak-pihak andata pembeli dna penjual belum saling meraba barang dan uang. Semuanya hanya terdisplaykan lewat layar monitor. Maka dari itu kepercayaan menjadi point yang penting dalam jual beli online ini.

Jual beli secara online ini memang mmepunyai banyak keunungan. Slah satunya adalah anda dapat meghemat banyak waktu dan tenanag serta uang. Jelas dong, jika anda mengincar sebuah dompet unik yang hanya di jual di kota Semarang, anda tak pelru jauh-jauh datang ke sana, bukan. Jual beli online ini tentu sangat memudahkan bagi orang-orang yang mempunyai keterbatasan waktu dan biaya. Dengan beberapa langakh saja anda sudah dapat memebelinya dan menerima barangnya daam bebrapah hari ke depan.

Untuk itulah jual beli online di adakan. Sejarahnya sudah ada semenjak raksasa Amazon pertama kalinya didirakn pada 1994. Cikal bakalanya adalah ketika pada 1979 Michael Aldirch melakukan jual beli online dengan menyambungkan televisi berwarna ke komputer. Kedua sambungan tersebut dapat menghasilkma transaksi secara tepat waktu dan nyata mellui jaringan telepon.

Tak lama dari sana Aldrich menjual sistem jual beli temuannya tersebut ke seluruh penjuru Inggris. Dan semenjak saat itulah, sistem jual beli online ini banyak menyebar luas ke seluruh daratan Inggris dan mneyebarang hingga ke Eropa yang saat itu tengah memeasarkan mobil-mobil untuk perusahaan Nissan, Peugeot dan General Motor.

Di Amerika sendiri, jual beli online baru muncul ketika pada 1992, Charles Satck ingin menjal beuku-bukunya secara online. ia kemudian mendirikan toko buku online pertama di dunia  yang ia beri nama Book Stac Unlimited. Dan tak lama berubah menjadi Books.com. dari sana dua tahun kemudian yaitu pada 1994, Jeff Bezos mendirikan Amazon, yang kini menjadi situs jual beli online terbesar di dunia. Langkah Amazon diikuti oleh Pizza Hut yang menggunakan jaringan online untuk memsaarkan produk-produknya.

Masih di tahun 1994, Netscape memperkenalkan kepada dunia yang namanya SSL atau enkripsi untuk kemanana dalam bertransaksi. Cikal bakal itulah yang memungkinkan kini perputaran uang dalam jual beli online dapat berjalan sebagaiamana mestinya serta aman dari pembobolan. Amazon dan Netscape berkembang selama dua tahun, hingga akhirnya pada 1996 mereka muncul saingan  dalam bisnis serupa. Yaitu E-bay. Dominasi Amazon dn E-bay menyebar hingga ke seantero dunia. Dimana merekalah yang merajai perdagangan online di seluruh dunia.

 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *